LSM LPB Acungi Jempol, Atas Pelaksanaan P3D, Di 6 Desa Di Kecamatan Kebomas

0
43

Gresik, Bratapos.com – Menindak lanjuti Perbup No.19 tahun 2017 dan UU desa No.6 tahun 2004, Kecamatan Kebomas yang meliputi 6 desa yakni kedanyang, desa karangkiring, desa sukorejo, desa sekarkurung, desa klangonan dan desa Dahanrejo melaksanakan ujian tes perangkat desa yang dilaksanan di gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) desa kedanyang dengan jumlah 62 peserta Sabtu, (10/2/2018).

Sebelum pelaksaan ujian dimulai seluruh calon perangkat desa, panitia, kepala desa, polri, TNI dan pihak ketiga Media Hati serta BPD terlebih dahulu mendengarkan pembukaan dari Camat Kebomas, Sutrisno. Sekitar jam 8.00 WIB, satu peserta sebanyak 62 masuk kedalam ruangan tes, dimana satu ruangan diisi 2 desa calon peserta.

Ruangan A diisi desa Dahanrejo dan Sekarkurung. Ruangan B diisi desa Kedanyang dan Karangkiring. Sedangkan Ruangan C diisi desa Klangonan dan Sukorejo. Jumlah peserta di 6 desa itu yang mengikuti ujian tes sebanyak 62.DSC_0534

Ketua tim P3D Muhammad Ainun mengatakan, tes ujian dimulai sekitar jam 8.00 WIB, dilanjut dengan psikotes sekitar jam 10.00 WIB, jam 12.00 WIB seluruh peserta istirahat. Dalam istirahat peserta, P3D masing-masing desa mengkoreksi hasil tes ujian.

“Sekitar jam 13.00 WIB panitia P3D mulai pengumuman dihadapan seluruh peserta, bahwasannya yang berhak memduduki jabatan harus nilai yang tertinggi, karena minimal nilai harus 60.

Namun Desa Dahanrejo seliruh pesertanya mengulang, karena tidak memenuhi passing gread (nilai yang tertinggi) karena harus minimal 60,” ujarnya.

Ditempat terpisah ketua LSM LPB (lembaga pemantau birokrasi) mengatakan, pada prisipnya saya ancungi jempol pada panitia P3D di 6 desa kecematan kebomas, karena sudah memahami juklak perbup nomor 19 tahun 2017 yang rawan di pasal 24 kususnya campur tanganya pihak ketiga.

“Untuk itu saya apresiasi dan sangat setuju, itu bagus untuk panitia P3D, karena pengereksian dilakuan langsung oleh panitia P3D. Dengan demikian sulit celah untuk mencapai kecurangan, pasalnya pelaksanaan sangat transparan,” kata Novan. (mal)

Facebook Comments