Menyimpan Shabu Nol Koma Enam Sembilan Gram, Diganjar 5 Tahun

0
186

Gresik, Bratapos.com – Terdakwa Debby Miawati (46) warga Perum karangploso, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang diadili di Pengadilan Negeri Gresik, lantaran menyimpan Shabu seberat 0,69 gram.

Sidang yang diketuai majelis hakim Rahmansyah itu beragendakan pembacaan putusan yang digelar di ruangĀ  sidang Cakra Pengadilan Negeri Gresik Rabu, (17/1/2018).

Dalam amar putusatnnya, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melawan hukum lantaran menyimpan dan menguasai shabu.

“Menjatuhkan hukuman selama 5 tahun, 4 bulan penjara terhadap terdakwa Debby Miawati dan denda Rp 800 juta, subsider 4 bulan kurungan,” kata majelis Hakim Rahmansyah Rabu (17/1/2018).IMG20180103140245

Hakim menilai lanjut Rahmansyah, terdakwa dinyatakan bersalah secara sah melawan hukum. Perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah.

“Hal yang memberatkan, terdakwa pernah ditahan di rutan malang. Namun hal yang meringankan, terdakwa selama menjalani persidangan berbuat sopan dan mengakui kesalahannya. Terdakwa pantas menerima hukuman 5 tahun. Terdakwa juga pantas membayar denda 800 juta,” ucapnya.

Mendengar putusan hakim, terdakwa sempat meneteskan air mata. Hakim meminta pada terdakwa untuk berunding pada penasehat hukumnya dari posbakum PN Gresik, Nazilatul Fitria Amri.

“Setelah berunding dengan penasehat hukumnya, dihadapan majelis hakim penasehat hukum terdakwa menyatakan untuk pikir-pikir. Mohon kami beri waktu yang mulia untuk pikir-pikir atas putusan majelis hakim,” ucap Ria panggilan akrabnya.

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Budi Prakoso dari Kejaksaan Negeri Gresik, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman selama 8 tahun penjara.

Perlu diketahui terdakwa Debby itu diseret ke Pengadilan Negeri Gresik pada hari Senin, (4/10/17) sekitar jam 21.00 WIB didepan gedung wisma ahmad yani jl. Veteran Kebomas Gresik disergap Sat Reskoba Polres Gresik. Saat digeledah polisi menemukan barang bukti sabu-sabu seberat 0,69. (jml)

Facebook Comments