Calon Perangkat Desa Banter, Adu Kekuatan Dalam Visi-Misinya

0
790

Gresik, Bratapos.com-Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa Banter Kecamatan Benjeng, Kabupeten Gresik sudah memasuki tahap penyaringan. Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa (P3D) Banter menyelenggarakan visi dan misi para calon yang dilaksanakan di pendopo kantor kepala desa Banter Sabtu, (23/12/17) malam yang dimulai pukul 20:00 WIB.

Dalam acara visi dan misi para calon perangkat desa tersebut dihadiri petinggi pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, tim PKK dan ratusan masyarakat. Dalam pemaparan para calon tersebut guna mewujudkan program berkelanjutan menuju Banter berseri.

Tujuan diadakannya penyampaian visi dan misi tersebut, bagi seluruh calon perangkat desa yang sudah ditetapkan oleh panitia (P3D), untuk memberikan ruang kepada masyarakat guna mengetahui tujuan dan langkah calon perangkat desa sebelum menjabat perangkat Desa bagi yang terpilih. Dari mulai penjaringan penyaringan sampai sosialisasi hingga diadakan acara visi dan misi para calon dipantau dan dikawal oleh LSM (Lembaga Swadaya Masyarajat) LPB (Lembaga Pemantau Birokrasi), sehingga panitia P3D di desa Banter benar-bebar transparan.DSC_0158

Dari jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 10 orang dan semuanya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi serta berhak mengikuti ujian, yang akan dilaksanakan tanggal 27/12/17. Data yang diperoleh awak media dari ke 10 calon perangkat desa, yang akan diisi para calon putra putri terbaik desa Banter, sekretaris desa, kasi pemerintahan, kepala dusun bareng dan kasi kesejeterahan

Sementara dari ke 10 calon perangkat desa, sekretaris desa sebanyak 2 calon yakni, Irawan Hidayat dan Ah. Zaki Fuad. Kasi pemerintaan sebanyak 4 calon yakni, Monica, Abdul Rouf, Lailatus Sa’diyah dan Uswatun Hasanah. kepala dusun Bareng sebanyak 2 calon yakni, Abdul Munif dan Muhammad Saiful Akbar Rafsanjani. Sementara kasi kesejahteraan sebanyak 2 calon yakni, Muhammad Dimayati dan Syamsul Arif.

Sebelum para calon menyampaikan visi dan misinya pihak panitia terlebih dahulu memberikan sambutan yang diketuai Abdul Kholiq dan disusul oleh kepala desa Banter yaitu Muhammad Riduwan. Dalam sambutannya ketua panitia memberi semangat pada para calon dan memperkenalkan pada masyarakat, para calon perangkat ini yang memaparkan visi dan misinya malam ini red putra putri terbaik desa banter, ujarnya.

Berbeda dengan Kepala Desa Banter Moch Ridwan dalam sambutannya menyampaikan, mari kita dengan ihklas untuk mengabdi pada masyarakat Banter, karena dengan kita mengabdi segala permasalahan bisa diselesaikan.

“kita harus mampu untuk menjadi pemberani, para calon perangkat desa ini putra putri terbaik, bila nanti sudah menjabat di perangkat desa harus mengabdi dan melayani msyarakat serta membantu saya untuk menyelesaikan pemerintahan. Melayani mengabdikan diri Belajar sinau dan jangan lupa berdoa,” katanya.

Tepat pukul 21.00 WIB tibalah para calon untuk menyampaikan visi dan misinya, namun sebelum para calon menyampaikan visi dan misinya, panitia memberikan aturan pada calon seperti waktu yang diberikan pada calon kurang lebih 15 menit. Satu persatu para calon menyampaikan visi dan misinya dihadapan ratusan masyarakat.

 Abdul Rauf, calon kasi pemerintahan menyampaikan dalam visi dan misinya, bila dirinya terpilih perangkat desa sebagai jabatan kasi pemerintahan maka saya mengutamakan kepentingan masyarakat Banter dari pada mepentingan pribadinya.

“Saya mampu meniru kepala desa. Saya mengutamakan kepentingan desa saya.

Lanjut pria umur 37 tahun, jelas tugas saya membantu kepala desa, sebagai pembantu saya bekerja semaksimal mungkin demi kesejahteraan masyarakat dan akan membantu desa banter lebih baik lagi.

“Pemerintahan desa Banter ini sudah sangat baik mulai dari pembangunan, pelayanan bahkan dari demokrasi bukti sperti malam ini red demokrasi yang baik karena ini terbuka,” jelasnya.DSC_0184

Uswatun Hasanah dalam visi dan misinya menyampaikan, mewujudkan pemerintahan Banter yang amanah, sigap, dan terpercaya serta menjadikan pemerintahan yang profesional dan andal dalam mendukung kepala desa menyelenggarakan pemerintahannya, katanya.

Lanjut wanita yang berusia 20 tahun itu, mengawasi dan memastikan dana desa harus dipergunakan untuk kepentingan warga dan kemaslahatan suluruh masyarakat Banter.

“memastikan segala macam bentuk bantuan baik dari pemerintah maupun dari swasta sehingga tepat sasaran,” ujarnya.

Usai acara Muhammad Riduwan kepala desa Banter mengatakan, visi dan misi ke 10 calon semuanya bagus, sepertinya ke 10 calon ini siap mengabdikan dirinya ke desa dan melayani masyarakat, itu sangat bagus tinggal nanti bergabung dan mengadaptasi bersama perangkat yang lain, calon perangkat desa ini puta putri terbaik desa Banter.

“harapan saya mampu menjadi pemimpin yang baik dan siap mengepentingkan pada masyarakatnya dan kepentingan desanya jangan sampai mengepentingkan pribadinya dan kelompoknya,” pintanya. (jml)

Facebook Comments