Barang Bukti Seharga Dua Milliar Dimusnakan Kejari Gresik

0
191

Gresik, Bratapos.com– Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik musnakan barang bukti  dari perkara pidana yang telah diputus incrah (putusan tetap) oleh pengadilan. Mulai dari perkara narkoba, perjudian, penipuan maupun pidana khusus seperti cukai rokok palsu yang ditangani oleh Kantor Bea Cukai Gresik.

Pemusnahan barang bukti seperti Puluhan batang rokok ilegal dalam kemasan dos karton, 23,28 gram sabu, 260 gram ganja, 13.590 butir pil koplo dan 35 unit ponsel juga ikut dimusnahkan dengan cara dibakar dilakukan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Kamis (21/12) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tampak hadir dalam pemusnahan BB, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik, Kasat Narkoba Polres Gresik Kompol Chotib Widiyanto, Kasat Reskrim Polres Gresik, AKP Adam Purbantoro dan sejumlah pejabat Kejari Gresik. Mereka pun diajak untuk membakar barang bukti tersebut.IMG-20171221-WA0023

Kepala Kejari Gresik Pandoe Pramoe Kartika mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil penyelesaian perkara tidak pidana umum dan perkara tinda pidana khusus. Untuk pidana umum kasus narkotika sedangkan pidana khusus seperti cukai rokok palsu yang telah ditangani sejak Maret hingga Desember ini.

“Barang buktinya ada yang dari Pidana Umum 23,28 gram sabu, 260 gram ganja, 13.590 butir pil koplo dan 35 unit ponsel dan Pidana Khusus Puluhan batang rokok ilegal dalam kemasan dos karton,” tutur Pandoe saat didampingi oleh Kasi Pidum Reza Prasetyo Handono.

Pemusnahan ini dilakukan, lanjut Pandoe, sesuai dengan putusan yang berlaku incrah. Disamping itu, pemusnahan ini juga bertujuan agar barang bukti yang ada tidak menumpuk di Lembaganya.

Barang bukti yang dimusnakan ini total 2 Miliar. Dalam setahun ini kita sudah dua kali melakukan pemusnahan barang bukti,” paparnya. (jml)

Facebook Comments