5 Cara Ampuh Cegah Kerutan dan Tanda Penuaan

0
12

Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mengalami penuaan. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menghambat penuaan pada kulit dengan cara yang sehat.

Mengutip laman Health, Jumat (3/11/2017), krim pencegah penuaan kulit tidak cukup efektif jika tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa makanan dan gaya hidup yang dapat menghambat timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kerutan.

1. Makanan fermentasi

Anda mungkin sudah tahu bahwa makanan seperti kimchi, asinan kubis, tempe, dan makanan kaya probiotik lainnya bagus untuk kesehatan usus. Ternyata makanan tersebut juga mampu mencegah penuaan dini.

“Makanan fermentasi memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik,” kata Craig Kraffert, MD, seorang ahli dermatologi.

Produk kecantikan yang dibuat dengan ekstrak hasil fermentasi juga bisa membuat perbedaan. Kraffert merekomendasikan produk yang mengandung bahan seperti fermentasi ginko biloba atau ekstrak jamur.

“Manfaat ekstrak fermentasi yang paling didapatkan dari produk perawatan kulit adalah kulit yang lembut dan cerah,” katanya.

2. Protein

Kebutuhan protein pada wanita adalah 46 gram sehari, hal ini akan lebih banyak dibutuhkan saat hamil, menyusui dan bagi atlet. Memenuhi asupan tersebut dapat membantu mengendalikan hasrat, pada gilirannya membantu Anda menurunkan berat badan dan Anda tetap ramping.

“Protein membantu membangun dan mempertahankan massa otot, yang cenderung hilang seiring bertambahnya usia,” kata Keri Gans, RD, konsultan nutrisi yang berbasis di New York City dan penulis The Small Change Diet.

Selain itu, mengonsumsi cukup protein sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit serta mencegah penuaan.

3. Lemak sehat

Ada banyak alasan untuk menyukai asam lemak omega-3, selain membuat Anda kenyang, mzat ini membantu tubuh menyerap vitamin penting dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kulit Anda akan menjadi sehat.

“Asam lemak omega-3 berkhasiat membuat kulit lebih lembut dan tampak lebih muda. Anti inflamasi dalam asam lemak omega 3 dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat dan psoriasis,” jelas Gans.

Beberapa makanan yang mengandung zat ini adalah alpukat, ikan tuna dan salmon.

4. Cuci Muka Sebelum Tidur

Anda tahu seharusnya Anda mencuci muka sebelum tidur, tapi terkadang Anda mengabaikannya. Para ahli menekankan bahwa tidak mencuci muka pada malam hari adalah hal buruk bagi kulit. Alasannya, kulit beregenerasi saat Anda tidur. Selain itu, hal ini meningkatkan peluang Anda terbangun dengan pori-pori yang tersumbat.

“Kulit memperbaharui sel dalam semalam, jadi jika Anda ingin kulit tetap sehat, Anda tidak boleh melewatkan cuci muka sebelum tidur,” kata Olga Lorencin-Northrup, pendiri dan ahli estetika Kinara Spa di Los Angeles.

5. Rutin pakai pelembap

“Menjaga kulit tetap lembap bukanlah hal mudah. Tapi hal ini harus dilakukan karena semua produk anti penuaan yang Anda gunakan akan bekerja lebih efektif jika Anda menggunakannya pada kulit bersih dan lembap,” kata Dr. Kraffert.

Saat Anda keluar dari kamar mandi, dia menyarankan untuk menggunakan lotion dalam waktu tiga menit sebelum air di kulit memiliki kesempatan untuk benar-benar menguap.

“Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat dari pelemba- itu sendiri, tapi Anda akan membantu menyegel hidrasi dari air,” ucapnya.

(Umi S)

Facebook Comments