6 Manfaat Tak Terduga Mandi Air Dingin

0
29

Mandi air dingin di pagi hari atau setelah kembali dari rutinitas harian Anda mungkin terasa berat. Tapi bila mengetahui manfaat kesehatan mandi dengan air dingin, Anda pasti akan melakukannya tanpa berpikir panjang.

Menurut penelitian, mandi air dingin akan meningkatkan semangat dan kualitas hidup Anda. Studi pada hewan menunjukkan bahwa mandi air dingin akan membantu pelepasan hormon beta-endorfin yang mampu mengurani rasa sakit, hal ini mungkin menjadi alasan positif tentang manfaat mandi air dingin.

Berikut ini merupakan manfaat mandi air dingin seperti yang dilansir dariĀ Boldsky, Senin (30/10/2017).

Meningkatkan sirkulasi

Mandi air dingin membantu memperbaiki sirkulasi darah. Air dingin menyebabkan darah Anda akan mengalir ke organ tubuh agar suhu tetap hangat. Sirkulasi darah yang baik ini akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Pemulihan cepat

Setelah latihan, terutama latihan berat akan membuat otot dan sendi Anda mungkin terasa sakit. Pada saat seperti itu, mandi air dingin akan benar-benar membantu Anda. Rasa dingin akan membantu sirkulasi darah yang sehat dan juga mempercepat waktu pemulihan akibat latihan berat yang Anda lakukan.

Meredakan depresi

Mandi air dingin membantu menstimulasi titik biru pada otak yang merupakan sumber utama noradrenalin. Hormon ini akan membantu mengurangi depresi yang Anda alami.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mandi air dingin meningkatkan akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan aktivitas sel darah putih Anda.

Meningkatkan kesuburan

Mandi air dingin diyakini bisa meningkatkan jumlah sperma pada pria dan ini telah dikaitkan oleh beberapa penelitian. Peningkatan kesuburan ini berkaitan dengan jumlah sperma pada Anda.

Meningkatkan energi

Mandi air dingin setelah pulang kerja atau berolahraga akan membantu mengembalikan energi Anda. Meskipun tidak ada bukti spesifik, mandi air dingin akan menyebabkan aliran darah mengalir dalam tubuh Anda dan mengembalikan energi Anda.

(Tera)

Facebook Comments