Ini Bahayanya Kalau Kebiasaan Bawa Ponsel ke Toilet

0
23

Membawa ponsel saat ke toilet memang lumrah dilakukan banyak orang. Selain untuk menghabiskan waktu di dalam toilet, biasanya kita juga menggunakannya untuk bermain game maupun media sosial. Namun nyatanya, dengan membawa ponsel ke toilet bisa mengganggu kesehatan kita lho.

Ponsel memang menjadi salah satu barang yang selalu kita pegang di manapun dan kapanpun. Rata-rata setiap orang menyentuh ponsel lebih dari dua ribu dalam sehari.

Data penelitian Universitas Arizona menyebutkan bahwa ponsel dapat membawa sepuluh kali lipat bakteri daripada dudukan pada toilet. Hal ini dapat menjadi lebih buruk jika kamu membawa ponsel ke dalam toilet.

“Di toilet terdiri dari berbagai macam bakteri, mulai dari alat menyiramnya, pegangan pintu, sampai dengan dudukan toilet,” ujar Jamin Brahmbhatt, MD, Urologis di Oralndo Health Florida, melansir Health, Jumat (27/10/2017).

Kuman, bakteri dan virus tidak hanya terdapat pada ponsel yang kamu bawa. Mereka juga bisa tersebar sampai ke tangan ketika kamu mengetik ataupun bermain dengan ponsel. “Kamu mungkin mencuci tanganmu sampai bersih setelah dari toilet, tapi percayalah apakah kamu akan membersihan ponselmu juga?” tambah Jamin.

Tentu saja kandungan kuman, bakteri dan virus akan semakin lama menumpuk. Walaupun begitu, risiko terkena banyak penyakit tidak terlalu tinggi. Beberapa penyakit yang bisa terjadi seperti sakit perut dan diare, itu muncul dari bakteri E.coli.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, kamu hanya perlu mencuci tangan setelah dari toilet dan jangan coba-coba menyentuh ponsel saat di toilet. Selain itu, kamu dapat menyemprotkan cairan antiseptik pada layar kaca ponsel  atau bisa juga sejenis pembersih layar untuk ponsel.

(Nur Aida)

Facebook Comments