Deretan Rempah dan Herbal yang Ampuh Atasi Botak

0
135

Herbal dan rempah seringkali digunakan untuk memasak dan mengobati penyakit tertentu. Namun ternyata, kedua bahan alami tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kebotakan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Mengutip laman Step to Health, Kamis (26/10/2017), perawatan rambut yang salah seringkali membuat rambut rontok. Selain itu, seiring bertambahnya usia, orang cenderung mengalami kebotakan. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa herbal dan rempah yang dapat digunakan:

1. Ekor kuda

Tanaman ekor kuda adalah ramuan yang efektif mendorong pertumbuhan rambut. Herbal ini tidak hanya berkhasiat mencegah kerontokan rambut, tapi juga membantu penyembuhan sebarrea (peradangan kulit kepala) dan berbagai jenis ketombe.

Kandungan vitaminnya yang tinggi (B, C dan E) mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas. Ini juga menghambat produksi lemak berlebih dan merangsang peredaran darah jaringan rambut yang membuat rambut berkilau.

2. Henna

Pengeringan dan penggilingan tanaman ini akan memberikan pewarna alami. Ini bisa digunakan untuk merevitalisasi warna kemerahan rambut dengan cara yang aman dibandingkan dengan pewarna kimia.

Selain itu, henna memiliki manfaat anti jamur yang ideal untuk ketombe dan seborrhea persisten. Henna juga mampu membuat rambut lebih tebal. Ini juga berfungsi secara efektif untuk meluruskan rambut dengan cara alami.

3. Kari

Daun kari yang berwarna hijau digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang dilakukan oleh penggunaan produk kimia, paparan sinar matahari berlebihan, dan kontaminasi debu atau zat lainnya.Kandungan minyak esensial dan proteinnya memberi nutrisi dan kehidupan pada jaringan rambut.

Kari memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, nutrisi yang mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan.Selain itu, juga ideal untuk melawan uban prematur dari rambut.Herbal ini dapat meningkatkan produksi melanin dengan melapisi setiap serat dengan pigmen alami, vitamin, dan mineral seperti tembaga, besi, dan seng.

4. Kayu manis

Bumbu beraroma dan aromatik ini tidak hanya berfungsi untuk membuat makanan menjadi lezat. Kayu manis juga dapat memperkuat rambut.

Selain itu, sifat antiseptik kayu manis mencegah penyakit pada kulit kepala. Pada saat yang sama, mereka menghilangkan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang menyebabkan rambut rontok.Bumbu ini juga merangsang sirkulasi darah di folikel rambut yang menghasilkan rambut tebal yang terhidrasi dan berkilau.

(Umi S)

Facebook Comments