Bukan Cuma Enak, Ini Khasiat Nangka Buat Kesehatan

0
135

Bergetah sangat lengket, nangka sebenarnya merupakan salah satu buah yang banyak penggemarnya. Lihat saja kalau musim nangka tiba. Pasti banyak rang yag ‘berpesta’ di rumah masing-masing, menikmati nangka bersama keluarga.

Apa lagi, bagi mereka yang memiliki pohonnya di rumah. Pesta makan nangka mungkin sudah menjadi rutinitas setiap kali buahnya matang di atas pohon. Selain sangat lezat, nangka ternyata juga digemari karena banyak khasiatnya.

Hebatnya lagi, nangka bukan cuma buahnya saja yang berkhasiat, tapi juga bijinya. Banyak orang yang memakan buah nangka mentah. Tapi, ada juga orang yang lebih menyukai nangka yang sudah diolah.

Bahkan, kalau kamu belum tahu, banyak orang yang juga memasak biji nangka dan dijadikan campuran dalam sayuran. Baik dimasak atau dimakan mentah, nangka itu memang super lezat dan juga sangat menyehatkan, lho!

Dari Pencernaan Hingga Anti Kanker

Dilnsir dari berbagai sumber, nangka memiliki banyak sekali kasiatnya. Mulai dari pencernaan, hingga sebagai anti kanker. Buah nangka yang lembut itu sangat mudah dicerna. Sehingga, kerja setiap organ dalam sistem pencernaan nggak akan bekerja terlalu keras. Sehingga, lambung dan usus pun nggak luka.

Bahkan, serat yang terkandung pada nangka bisa melindungi selaput lendir usus dengan cara menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar. Yep, nangka ini ternyata juga merupakan salah satu buah anti kanker!

Bukan cuma kanker usus besar, tapi nangka juga bisa menjadi penghalang kanker rongga mulut. Soalnya, nangka itu kaya akan karotenoid yang memang sudah sejak lama dipercaya sebagai anti kanker rogga mulut.

Selian itu, karotenoid juga bisa melindugi paru-parumu, lho! Tapi, meskipun kamu menyerap banyak debu, kuman dan juga bakteri, kamu nggak akan gampang sakit kalau banyak makan nangka. Soalnya, buah berwarna kuning ini merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Nah, kamu pasti jadi ingin makan nangka sekarang, kan?

(Karla)

Facebook Comments