Ini Biang Keladi Kanker Lidah pada Remaja 15 Tahun

0
17

Sel kanker bisa bermunculan di tubuh seorang anak yang senang makan makanan ringan penuh garam. Risiko mengidap kanker di usia dini pun bisa saja terjadi.

Garam bersifat iritatif. Selain berisiko mengidap kanker lambung, mengonsumsi makanan asin terlalu sering juga berisiko mengidap kanker lidah.

“Kanker lidah cukup tinggi di anak remaja berumur 15 tahun,” kata Spesialis Patologi Anatomi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr Evalina Suzana.

Sebenarnya rasa tidak mengenakan dari kebiasaan menyantap makanan asin sudah sering kita rasakan. Namun, karena kita terlalu menikmati makanan itu, bahaya yang tersimpan di balik makanan asin jadi dihiraukan.

“Sehabis makan (makanan ringan), mulut kita terasa kering. Nah, coba saja makan itu selama satu bulan, saya yakin mulut kamu iritasi semua,” kata Evalina menambahkan.

Belum lagi kebiasaan makan makanan ringan penuh garam ini tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang rutin. Menurut Evalina, kelebihan garam akan keluar lewat keringat. Kalau tidak berolahraga, dan duduk terlalu lama di ruangan berpendingin, ginjal akan bekerja keras membuat kelebihan garam keluar lewat air kencing.

“Padahal kalau olahraga kencang, semua-semuanya dibakar. Sampai garam-garam yang enggak perlu pun dibuang,” kata Evalina ditulis Selasa, 10 Oktober 2017.

(Aditya)

Facebook Comments