Perbaiki Mood hingga Daya Ingat, Ini 4 Manfaat Tidur Siang

0
47

Tidur siang sering kali diasumsikan sebagai bentuk kemalasan. Padahal, lebih dari itu tidur siang baik untuk otak dan juga kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat tidur siang yang justru dianjurkan setiap hari, melansir Bufferapp, Minggu (8/10/2017).

1. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan membantu pikiran menjadi fokus. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari German. Dimana partisipan dalam penelitian diuji untuk mengingat kartu-kartu tertentu. Dua kelompok dibagi, kelompok pertama harus melakukan tidur siang dan kelompok dua tidak disuruh untuk tidur siang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kelompok partisipan lebih banyak mengingat kartu yang diujikan, dibandingkan dengan kelompok yang tidak tidur.

2. Menjernihkan pikiran

Selain daya ingat, pikiran jernih juga baik saat kita sedang belajar atau melakukan aktivitas apapun. Tidur siang bisa menjernihkan informasi pada bagian penyimpanan otak. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas California menjelaskan bahwa tidur merupakan salah suatu proses yang dapat membersihkan bagian penyimpanan otak jangka pendek. Sehingga memungkinkan adanya ruang baru untuk dapat menyerap informasi baru.

3. Menghindari Kelelahan

Tidur siang ternyata juga dapat membantu otak untuk memperbaiki diri. Saat kita menerima banyak informasi hal ini dapat membuat otak kita merasa lelah. Disarankan untuk tidur siang selama 60 sampai dengan 90 menit. Hal ini dipercaya akan sama baiknya seperti tidur selama semalaman. Bahkan, tidur siang juga dipercaya dapat membantu kemampuan pengelihatan.

4. Membantu suasana hati 

Biasanya saat kita tidur buruk, kerap kali kita merasa kesulitan untuk tidur lagi. Sehingga pagi harinya membuat kita merasa lelah. Kamu hanya butuh waktu tidur siang selama 30 menit agar situasi tubuh kita menjadi baik kembali.

(Nur)

Facebook Comments