4 Penyebab Uban Datang di Usia 20-an

0
161

Uban umumnya muncul saat usia 40-an, tapi ada juga yang sudah memilikinya di usia 20-an. Bila orangtua saat muda juga mengalami hal yang sama, uban bisa muncul lebih cepat karena faktor genetik.

Namun, bila uban muncul di usia 20-an sementara ayah atau ibu tidak seperti itu, berarti ada faktor lain. Mungkin gaya hidup atau lingkungan, seperti disampaikan dermatolog dari Premier Dermatology, Marie Jhin.

Nah berikut empat faktor kemungkinan penyebab uban muncul lebih awal pada usia 20-an, mengutip laman Health, Selasa (3/10/2017).

1. Superstres

Para pakar masih memperdebatkan hubungan antara stres dan uban. Namun, beberapa studi menyebutkan ada hubungan keduanya.

Pada studi yang dipublikasikan di Nature Medicine menemukan fakta stres menyebabkan penipisan sel induk di dasar folikel pada penelitian tikus.

“Walau tidak banyak penelitian yang mendukung hal ini, tapi kita bisa lihat dari sekitar kita. Lihat saja rambut pria sebelum menjabat sebagai presiden, dan sesudah tahun sejak berkuasa,” kata Jhin.

2. Kondisi medis tertentu

Dalam kasus yang jarang terjadi, kehadiran uban dini mungkin disebabkan masalah medis seperti penyakit tiroid dan gangguan kelenjar pituitari (kelenjar yang terletak di bawah otak yang merupakan raja dari seluruh kelenjar yang memproduksi hormon di tubuh manusia .

Bisa juga terkena penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia dan vitiligo. “Autoimun berarti sel menyerang tubuh sendiri. Jika yang diserang bagian rambut, itu mungkin menyebabkan jadi cepat ubanan,” kata Jhin.

(Benedikta)

Facebook Comments