Bukti Surat Yang Diajukan Penggugat, Sebagian Dinilai Abal-abal

0
133

GRESIK, BrataPos.com – Perselisihan Hubungan Industri (PHI) Pengadilan Negeri Gresik gelar sidang perdata dengan nomor 23/Pdt.Sus-PHI/2017/PN.Gsk, antara Sariono., SH (55) karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk,  warga Perumahan Bukit Randuagung Jalan KH M. Toyib Merta Kusuma Blok M-10, Desa Randuagung Kebomas Gresik (tergugat), melawan perusahaan PT Semen Indonesia (persero) Tbk (penggugat) semakin memanas.

Sidang yang digelar di ruang cakra PN Gresik (2/10/17), yang diketuai majelis hakim I Gede Ngurah Taruna W., SH.MH, hakim anggota I Jaka Mulyata., SH.MH, hakim anggota II Soebekti., SH, dan Panitera Pengganti (PP) A Khasonidin., SH.MH, beragendakan jawaban replik dari tergugat. Dimana sidang sebelumnya penggugat (perusahaan PT Semen Indonesia Persero Tbk) memberikan jawaban dalam konvensi tergugat.

Seusai tergugat menyerahkan surat replik, sidang dilanjutkan penggugat menyerahkan bukti-bukti, dan dilanjutkan pemeriksaan bukti oleh majelis hakim.

Erdijanto Wahjoedi., SH penasehat hukum penggugat (PT Semen Indenesia) (persero) Tbk, seusai sidang, wartawan mencoba meminta stetmend terkait uang pensiunan yang nilainya tidak sesuai dengan yang dikeluarkannya rincian dari perusahaan. Mohon maaf ya no komen, itu bukan kewenangan saya, saya disini hanya menangani perselisihan, lebih lengkapnya tanya saja ke perusahaan langsung, katanya.

Namun menurut Sariono., SH (tergugat) penerimaan hak pensiun sesuai data yang dimiliki dari PT Semen Indonesia (persero) Tbk dalam rinciannya Dana Pensiun Semen Gresik (DPSG) Rp. 5.010.988, DPLK BNI Rp. 305.356.395, DPLK Alianz Rp. 571.558.885, JHT BPJS Ketenagakerjaan Rp. 98.441.827, TKHT Bumi Putera Rp. 371.061.600, MPP Bumi Putera Rp. 38.961.225, dan BPKPP Bumi Putera Rp. 13.252.200 jumlah 1.403.643.120.IMG20171002112233

“Tapi jawaban dari penggugat tidak sesuai dengan surat penerimaan hak pensiun hanya mendapatkan lima ratus juta lebih, padahal surat penerimaan hak pensiunan satu miliar lebih dikemanakan uang pensiunan karyawan,” keluhnya.

Sariono yang sudah mengabdi selama 30 tahun di perusahaan PT Semen Gresik menambahkan, bukti-bukti yang diajukan oleh penggugat hanya bukti-bukti teknis.

“Bukti dari perusahaan itu tidak ada pengaruhnya karena itu hanya bukti teknis. Dan sebagian bukti yang diajukan ke majelis hakim sebagian abal-abal,” paparnya.

Surat keputusan rediksi yang berasal dari PT. Semen Gresik persero tahun 2008 sudah tidak ada. Dan PT Semen Gresik persero tanggal 20 Desember tahun 2012 juga sudah tidak ada, sambungnya.

Sekretasis Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik Ninik Asrukin., M.M saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, pihaknya sudah mengupayakan melakukan tahapan-tahapan sebelum kasus itu dibawa ke PN Gresik.

“Kedua belah pihak antara karyawan dengan perusahaan sudah kami Lakukan pemanggilan, mulai dari musyawarah mufakat, dan mediasi. Namun mediasi tersebut memenuhi jalan buntu, akhirnya kami menganjurkan kasus itu diselesaikan di Pengadilan biar hakim yang memutuskan melalui persidangan. Jadi dari pihak kami sudah tidak punya kewenangan, karena kasusnya sudah dibawa ke PN,” paparnya, (2/10/17).

Lanjut Ninik, kami berharap mudah-mudah kasusnya cepat selesai. Dan saya berharap kedua belah pihak legowo dan menerima apa yang menjadi putusan hakim nanti, sambungnya mantan kabid pengawasan ketenagakerjaan.

Peselisihan antara karyawan (Sariono, tergugat) dengan perusahaan PT Semen Indonesia Persero Tbk (penggugat) bermula tergugat mengadakan demo besar-besaran tanggal 14 November 2014. Dimana para pendemo waktu itu meminta 10 tuntutan, diantaranya meminta Direktur utama Semen Gresik mundur dari jabatannya.

Berbuntut demo itu, akibatnya banyak pengurus yang dimutasi terutama sekretaris umum SKSI. Sedangkan yang menimpa Sariono lantaran dilibatkan untuk ikut mediasi antara SKSI (Sikap Serikat Karyawan Semen Gresik) dengan PT. Semen Gresik, Sariono (tergugat) lantaran masuk kedalam rapat mediasi, akhirnya Sariono dimutasi. Namun bukan Sariono yang dimutasi, Kabag sekretaris umum, Satrio Trisula dipaksa mundur oleh Semen Gresik. (jml)

Facebook Comments