Manfaat Rutin Minum Kopi pada Pasien HIV dan Hepatitis

0
15

Pasien yang terkena HIV dan hepatitis C secara bersamaan bakal memiliki peluang hidup lebih tinggi bila rutin minum kopi.

Studi yang dilakukan French National Institute of Health and National Agency for AIDS and Hepatitis Research menemukan pasien yang minum tiga gelas kopi setiap hari dan tidak merokok memiliki peluang hidup 50 persen lebih tinggi dibanding yang tidak melakukan.

Kopi dikenal memiliki manfaat pada pasien dengan masalah hati. Apalagi, orang HIV juga rentan terkena hepatitis C.

“Walau hepatitis C bisa sembuh, tapi pasien yang juga terinfeksi HIV memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan populasi biasa. Proses penuaan tubuh pada pasien HIV terjadi lebih cepat karena kanker, komplikasi diabetes dan hati,” kata peneliti Dominique Salmon-CĂ©ron dari UniversitĂ© Paris Descartes, Prancis mengutip Science Daily, Kamis (28/9/2017).

Kehadiran kopi, kata peneliti, memiliki manfaat bagi hati. Kandungan kopi memiliki sifat anti peradangan serta menjaga kesehatan hati. Kopi membantu menekan produksi enzim berlebihan yang dilakukan pada hati tidak sehat. Kehadiran kopi juga membantu memperlambat perkembangan jaringan parut pada pasien hepatitis.

Manfaat minum kopi pada hati juga terbukti pada riset yang dilakukan European Association for the Study of the Liver. Kopi bisa mencegah hati resisten terhadap insulin.(*Benedikta)

Facebook Comments