4 Trik Mudah Hilangkan Berbagai Bau Badan

0
55

Setajam atau mengganggu apa pun bau badan seseorang, tetap saja hal itu adalah masalah sensitif yang tidak bisa langsung dibicarakan secara blak-blakan. Seringnya, hal ini diakali dengan cara yang akan menutupi bau badan tersebut, seperti dengan menggunakan deodoran atau parfum.

Sayangnya, hal itu tidak akan menyelesaikan permasalahan bau badan. Untungnya, ada cara alami yang lebih segar dan bersih untuk menghentikan bau badan yang tidak diinginkan.

Untuk bisa menghilangkannya, penting untuk tahu kapan bau badan sering muncul. Mandi yang tidak bersih atau jarang bisa menyebabkan menguarnya bau yang tidak sedap dari kelenjar apokrin, yang terletak di ketiak, alat kelamin, dan sekitar puting. Begitu juga pada kelenjar ekrin, yang ada di ketiak, tangan, dan kaki, ketika berinteraksi dengan bakteri kulit.

Untuk mencegah bau badan sekaligus keringat berlebih, lakukan cara-cara mudah ini untuk memastikan kulit tetap kering dan tak menguarkan bau.

1. Mencukur ketiak

Banyak bulu di ketiak bisa menciptakan area yang lembab untuk bakteri. Bulu dan rambut itu mudah menyerap bau dan bahkan bisa memperlambat evaporasi keringat.

Bulu ketiak akan membuat bau terperangkat. Dr Jennifer Burns, dokter di The Beinetre Center di Phoenix, AS, menyarankan untuk mencukur bulu ketiak secara teratur sehingga bakteri tidak akan terperangkap di sana.

2. Mengganti sepatu

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah berpikir bahwa bau badan berasal dari ketiak. Namun salah satu bau yang paling menyengat di tubuh sebenarnya datang dari kaki.

Mengganti sepatu akan memungkinkan mereka untuk terpapar udara dan bisa mencegah bau terkonsentrasi di satu area. Hal ini juga akan memangkas bakteri yang ada di sepatu.

Aturan nomor satu menurut Burns adalah: semua orang harus mengganti sepatu mereka setiap setelah digunakan sejauh 800 km.

3. Gunakan Cuka

Cuka, baik itu cuka apel atau cuka putih, bisa membantu menurunkan kadar pH di kulit sehingga mendapatkan kondisi antibakteri.

Dr Mehmet Oz dari The Dr Oz Show merekomendasikan pengobatan rumahan ini karena bakteri tidak bisa bertahan dalam kondisi asam dan bau akan hilang.

Pilihan terbaik adalah dengan memercikkan cuka ke area ketiak tepat sesudah mandi, tapi tidak setelah Anda mencukur bul ketiak. Cara ini aman selama kulit tidak sedang lecet atau ada luka terbuka.

4. Gunakan witch hazel

Witch hazel dan tea tree oil adalah alat sterilisasi alami, dan bisa dioleskan pada ketiak karena mereka bersifat antiseptik. Mereka akan menurunkan kadar pH pada kulit, sehingga membuat bakteri tidak mungkin bertahan.

Langsung mengoleskan witch hazel pada kulit bisa berguna sebagai pengganti deodoran. Untuk mereka yang banyak berkeringat, Burns menyarankan untuk mengoleskan Witch Hazel setidaknya empat kali sehari.(*Nilam)

Facebook Comments