Tingkatkan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan, Pemkab Gresik Beri Pembinaan Hingga Ke Tingkat RT

0
157

GRESIK – Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan maupun tingkat desa.

Oleh sebab itu, seluruh Ketua RT, RW harus mengetahui, memahami dan dapat mensosialisasikan berbagai program yang dilaksanakan pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim saat membuka kegiatan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan RT/RW se-kabupaten Gresik, Senin (28/8/2017). Kegiatan yang diikuti sekitar 320 peserta itu dilaksanakan di ruang Mandala Bakti Praja kantor Bupati Gresik.

“RT dan RW sebagai lembaga kemasyarakatan yang mempunyai tugas pemberdayaan masyarakat dan ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat,” kata Wabup Qosim.IMG_1505

Kegiatan ini, lanjut Wabup merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat RT/RW sebagai mitra pemerintah desa dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Ketua RT dan RW juga senantiasa harus melakukan koordinasi dan sinergitas. Bukan hanya dengan lurah atau kepala desa, tetapi juga sesame RT, RW dan LPMK maupun dengan lembaga kemasyarakatan atau stakeholder lainnya yang ada di kelurahan masing-masing.

“Dengan cara ini masyarakat akan lebih mudah digerakkan untuk berpartisipasi aktif terhadap program-program yang dilaksanakan, baik itu program pemerintah maupun swadaya murni masyarakat itu sendiri,” pungkas Wabup.

Oleh sebab itu, Wabup berharap kepada semua peserta agar mengikuti kegiatan ini hingga usai. Sehingga kedepan dapat diterapkan dengan baik di masing-masing kelurahan maupun desa sesuai apa yang diharapkan oleh Pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tursilowanto Hariogi menjelaskan bahwa Tugas Pokok dan Fungsi RT dan RW adalah memberikan pelayanan kepada penduduk setempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menggerakkan swadaya dan kegotong-royongan masyarakat.

“Mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan menjaga kualitas pemberian pelayanan masyarakat merupakan beberapa tugas kewajiban RT/RW,” ujarnya. (iis)

Facebook Comments