Dinas Pol PP Bredel Reklame dan Bangunan Tanpa Ijin

0
60

GRESIK – Untuk menggenjot peningkatan perolehan pajak daerah, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto memerintahkan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Gresik (Dispol PP) Gresik untuk melakukan penertiban. Beberapa hari ini, Dinas Pol PP Gresik berhasil menertibkan bangunan serta reklame tak berijin yang berdiri dibeberapa tempat.

Seperti yang dilakukan pada Rabu (23/8/2017) siang, Dispol PP Gresik berhasil menghentikan pengerjaan  bangunan yang terletak di Jalan Sumatera Gresik Kota Baru (GKB) Gresik.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono, Bangunan yang sudah dikerjakan sekitar 40% ini rencananya akan dipakai sebagai Rumah makan. “Namun kerena proses perijinannya belum beres, maka pihas Dispol PP Gresik menghentikan proses pembangunannya. Selanjutnya kepada pihak pemilih bangunan tersebut untuk segera menyelesaikan perijinannya” katanya.

Selain bangunan tak berijin, Dispol PP Gresik berhasil menurunkan 40 unit reklame serta banner sepanjang 50 meter yang terletak di Perumahan Garden Hill Sidojangkung Menganti.IMG-20170823-WA0043

 “Memang disana akan ada kegiatan, tapi sampai sejauh ini pihak pelaksana kegiatan belum menyelesaikan proses perijinannya. Makanya pihak Dispol PP langsung mengamankan” ujar Suyono.

Kejadian ini sempat disesalkan oleh Suyono, mengingat keadaan ini mestinya tidak terjadi andai pihak penyelenggara selalu taat azas dan aturan. Seandainya mereka selalu melaksanakan dan mengurus ijin sebelum pelaksanaan, maka pihak Pemerintah tidak akan menghentikan kegiatannya.

“Selanjutnya, Bupati Gresik tidak akan tinggal diam, suatu saat Pak Sambari akan turun langsung dan ikut serta dalam penertiban, hal ini seperti yang pernah dilakukan pada beberapa saat yang lalu” tambah Suyono.

Selain untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah dari sector pajak dan restribusi daerah, Kegiatan ini sebagai penindakan atas pelanggaran sesuai Perda 15 tahun 2013 yaitu tentang ketentraman dan ketertiban umum, Perda No. 6 tahun 2017 tentang Ijin Mendirikan Bangunan serta Peraturan Bupati No. 9 tahun 2016, tentang reklame. (sdm)

Facebook Comments