Desa Prambangan Rayakan Hasil Panen Bumi

0
104

GRESIK, BrataPos.com – Indonesia mempunyai jutaan ragam budaya, dari ujung barat sampai ujung timur, mulai dari sudut kota sampai pedesaan. dijaman komputerisasi yang saat ini berkembang, dibangsa indonesia yang sudah umur 72 tahun masih tetap mempertahankan dan melestarikan dengan baik kebudayaan itu.

Seperti yang di lakukan oleh warga RW 01 Desa Prambangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Sabtu (19/8/17) mengadakan acara sedekah bumi. Semua itu untuk mempertahankan apa yang menjadi peninggalan nenek moyangnya Desa Prambangan.

Acara sedekah bumi ini merupakan salah satu wujud dari warga RW 01 Desa Prambangan untuk menguri-uri kembali apa yang menjadi peninggalan nenek moyang.

Di jaman yang sudah menjadi jaman komputerisasi ini, Desa Prambangan masih tetap meneruskan apa yang menjadi peninggalan nenek moyang. Salah satu budaya yang masih dilakukan setiap satu tahun sekali yaitu sedekah bumi.

Budaya sedekah bumi merupakan wujud shodaqoh atau wujud syukur terhadap bumi yang kita tempati agar tetap dilindungi oleh allah SWT, Dalam melaksanakan sedekah bumi ini warga membawa “Ambeng” hasil bumi untuk di sedekahkan terhadap masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu Sedekah Bumi juga merupakan wujud kebersamaan kerukunan gotong royong dan mempererat atas kerukunan warga yang selalu di pertahankan Desa Prambangan.IMG20170819085610

Acara sedekah bumi di tempatkan di area depan kantor kepala desa Prambangan. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Gresik Moch Qosim, Camat Kebomas Sutrisno, mantan camat Kebomas Jairrudin yang sekarang menjabat kepala dinas kepemudaan dan olahraga, Polsek Danramil Kebomas, serta ribuan masyarakat Prambangan.

Menurut Kepala Desa Prambanga Feriantono mengatakan, Sedekah Bumi ini merupakan wujud terima kasih kepada allah SWT bahwa di tahun yang akan datang warga masyarakat tetap di berkahi, banyak rizki, dijauhkan dari musibah dan diberi umur panjang,

“Sedekah bumi ini kegiatan yang rutin dilaksanakan di Desa Prambangan Tercinta ini. Dan dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Wabup Gresik yang telah sudi hadir di acara sedekah bumi.” Katanya.

Lanjut Feriantono, saya sangat berterima kasih atas dukungan dari semua elemen masyarakat atas semua Donatur untuk membantu kesuksesan acara sedekah bumi ini.

“Sedekah Bumi ini ajang siliturahmi antara warga Prambangan dan pemerintah, sehingga warga Prambangan menunjukkan kekompakan kebersamaan kepemerintah. Untuk tahun ini total ambeng yang dibawa oleh RW 01 sebanyak kurang lebih 250.” Sambungnya.

Acara sedekah bumi ini dimulai dari jam 08.00 wib dengan pembukaan bacaan ayat-ayat suci al-qur’an. Dilanjut dengan sambutan ketua panitia acara sedekah bumi, disambung dengan sambutan kepala desa. Kemudian dilanjut dengan Wabup Gresik serta disambung dengan sambutan Camata Kebomas.

Untuk memeriahkan acara dan menghiburkan warga disuguhkan hiburan wayang kulit campursari dan orkes dangdut. (jml)

Facebook Comments