Operasi Gabungan Mengamankan Tiga Kendaraan

0
161

GRESIK, BrataPos.com – Terminal Bunder yang berlokasi di jalan raya Banjarsari Cerme mendadak rame dipenuhi kendaraan besar. Senin, (14/8/17).

Di dalam terminal Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, dan menggandeng Satuan Lalu Lintas Polres Gresik, serta TNI, ternyata menggelar operasi, semua kendaraan angkutan dihentikan yang melintas.

Operasi kali ini dengan tujuan “sadar keselamatan, ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan tahun 2017”. Dalam operasi yang digelar Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur selama satu jam ini menilang sebanyak 43 kendaraan yang tidak menunjukkan surat-surat perlengkapan kendaraan.

Petugas gabungan ini yang terdiri dari Dishub sebanyak 23 personil, pihak kepolisian Polres Gresik sebanyak 10 personil, dan dari TNI 2 personil. gabungan ini tidak hanya memberi sanksi penilangan kepada pengendara. Petugas juga menyita 3 kendaraan truck yang tidak disertai surat-surat, dan kendaraan pun diamankan di kantor laka lantas Polres Gresik.IMG20170814095655

Eko Kusindiarto staff lalu lintas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengatakan, mengadakan operasi gabungan ini dengan sasaran tertip administrasi dengan LLAJ (lalu lintas angkutan jalan) provinsi jawa timur dengan sasaran memeriksa perlengkapan seperti buku kir, trayek, STNK, dan sim. Namun bila kir tidak diperpanjang tidak membawa surat-surat lainnya petugas memberikan sanksi penilangan.

“Selain itu juga kita menindak tegas dengan kendaraan yang tidak ada surat-suratnya. Kita serahkan kendaraannya kepihak kepolisian Lalu Lintas Polres Gresik biar ditindak lanjuti.” katanya.

Lanjut Eko, untuk angkutan umum sendiri seperti mikrolet dan bus yang tidak memenuhi persyaratan penumpang kita tindak, karena juga ada petugas dari Jasa Raharja untuk menindak perlengkapan administrasi.

“Pelanggar yang menonjol operasi kali ini kebanyakan mati uji dan surat-surat perlengkapan dalam administrasi. Kita terus melakukan operasi ini setiap satu bulan.” sambungnya.

Kanit Patroli Sat Lantas Polres Gresik Iptu Muh Zainuddin mengatakan, hari ini mengadakan operasi gabungan, kita dari pihak kepolisian hanya diminta bantuan oleh Dishub Provinsi Jatim.

“Operasi hari ini kita mengamankan 3 kendaraan yang tidak membawa surat-surat kendaraan. Kita akan melakukan penahanan 3 kendaraan ini sampai pemiliknya membawa STNK asli. Namun bila pemiliknya tidak menunjukkan STNK asli dan BPKB asli, kita melakukan penyelidikan lebih lanjut.” tegas perwira yang mempunyai dua balok dipundaknya. (jml)

Facebook Comments