Lomba Gresik Bercerita 2017 SD/MI, Untuk Mendorong Minat baca Siswa

0
75

GRESIK – Untuk mendorong minat baca pada anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan lomba bertitel Gresik bercerita 2017. Lomba yang diperuntukkan kepada siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Gresik diikuti oleh 22 siswa se Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim membuka lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kabupaten Gresik dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 72 di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) pada Rabu (9/8/17).

Dalam sambutannya, Wabup Qosim menyatakan keprihatinan pada generasi anak-anak saat ini yang minat bacanya cenderung menurun. Menurut Qosim, saat ini anak-anak lebih suka membuka gadget dari pada membaca buku.

“Saya berharap dengan lomba ini minat baca anak-anak lebih meningkat. Karena dengan lomba bercerita, maka anak-anak akan membuka-buka buku mencari refrensi, mencari bahan yang menarik untuk bahan ceritanya. Dia akan melakukan interaksi dengan mendiskusikan buku yang dibacanya tersebut dengan temannya, gurunya dan orang tuanya yang kemudian disusun menjadi cerita” jelasnya.20131224004052_IMG_0145

Kepada orang tua peserta, guru dan para undangan yang memenuhi gedung WEP, Qosim berharap agar ikut membudayakan minat baca pada anak.

“Saat ini banyak ragam bacaan baik itu berupa buku maupun dalam bentuk pustaka digital. Yang penting budayakan baca pada anak dan keluarga anda. Pasti semuanya yang and abaca tersebut akan bermanfaat. Selain banyak mendapat ilmu. Sesorang yang gemar membaca akan banyak mempunyai perbendaharaan kata dan kalimat dalam bersosialisasi” paparnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Siti Jaiyaroh kepada kabag Humas Pemkab Gresik menjelaskan. Lomba kali ini diikuti oleh 22 peserta se Kabupaten Gresik. Para peserta adalah perwakilan dari 18 Kecamatan. Tiap kecamatan ada yang mengirimkan 3 orang dan ada yang 2 orang dan ada juga yang 1 orang.

Para peserta diwajibkan membawakan cerita religious yang ada di Gresik. “Banyak cerita sejarah yang berhubungan dengan Gresik yang sudah dibukukan. Mereka tinggal mencari dan memilih salah satunya.  Lomba ini juga dimaksudkan agar semuanya tergerak untuk sadar literasi dan tak hanya terpusat pada gadget semata” ujarnya.

Sabrina Naswa Syahrani siswa Kelas IV SDN Petrokimia Gresik mengaku senang bisa ikut lomba ini. Dia mengaku suka membaca buku cerita terutama cerita Nabi dan Rosul. “Pada lomba ini saya akan bercerita tentang Sunan Giri dan sudah hafal ceritanya” katanya lugu.

Selain lomba, pada kesempatan itu PT Petrokimia Gresik memberikan sumbangan 2 unit perpustakaan digita berupa 2 unit computer yang diterima oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim didampingi oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Siti Jaiyaroh. (sdm)

 

Facebook Comments