Melalui Koperasi, Bupati Inginkan Peningkatan Kesejahtaraan Masyarakat Dapat Terwujud

0
54

GRESIK – Puncak hari koperasi ke-70 Tingkat Kabupaten Gresik diperingati hari ini, Kamis (27/07/2017) di lapangan desa Menganti kecamatan Menganti, Gresik. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kebupaten Gresik Drs. Sudigno, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Ir. Agus Budiono dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Bupati Sambari saat memberikan sambutan mengatakan bahwa sekitar 1.335 koperasi yang kini masih aktif di Gresik. Oleh sebab itu, beliau mengajak kepada seluruh penggerak koperasi untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif demi kemajuan Koperasi.

“Dari banyaknya jumlah usaha koperasi yang ada di Gresik ini maka pengurus koperasi harus terus mengembangkan ide-ide kreatifnya untuk kemajuan koperasi. Saya harap ekonomi berbasis kerakyatan terus tumbuh melalui koperasi dan peningkatan UMKM sehingga kita tidak kalah dengan kabupaten lain,” ungkap Bupati Sambari.IMG_20170727_103654

Menurutnya hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi Dinas dan pihak-pihak terkait dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui koperasi. Beliau mencontohkan salah satu pengembang ritel koperasi modern yang ada di Kecamatan Sidayu yang mampu berdaya saing dengan usaha ritel non koperasi.

“Koperasi harus mampu berdaya saing, dan ini merupakan suatu tantangan bagi koperasi-koperasi dalam menghadapi daya saing yang kian berkembang,” ujar Bupati Sambari.

Sejalan dengan hal itu, beliau mengajak masyarakat untuk menyatukan visi misi dan turut aktif berperan dalam rangka pengembangan gerakan koperasi. Karena kalau semua pihak saling bersinergi, maka dampak positifnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Cintailah koperasi, karena koperasi adalah sokoguru bagi perkembangan perekonomian di masyarakat dan juga perkembangan perekonomian nasional sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945,” imbuhnya.

Namun koperasi dan masyarakat harus menyatukan visi misi sehingga diharapkan nantinya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Gresik dapat terlaksana,” ujar Bupati Sambari.

Beliau juga menyampaikan bentuk apresiasinya kepada koperasi berprestasi di kabupaten Gresik dan pihak-pihak yang turut aktif dalam mengambangkan koperasi melalui sejumlah penghargaan. Salah satu penghargaan diberikan kepada paguyuban Koperasi Wanita (Kopwan) kecamatan Wringinanom. (iis)

 

Facebook Comments