Polsek Karang Pilang Ungkap Peredaran Uang Palsu

0
179

SURABAYA, BrataPos.com – Berdasarkan lidik dan informasi dari masyarakat pasar – pasar tradisional yang pernah menjadi korban, anggota reskrim polsek karang pilang yang dipimpin kanit reskrim Iptu Marji Wibowo SH, bergerak secepat kilat untuk meringkus para pelaku beserta pabrik pembuatan uang palsu tersebut.

Pada hari sabtu 08 Juli 2017 skj 09.00 wib, dilakukan penggeledahan di pinggir jalan di Jalan kedinding Lor dekat ATM Bank Mandiri Kota Surabaya, tim reskrim polsek karang pilang telah berhasil menyita barang bukti (BB) berupa uang palsu dengan pecahan 10.000 hingga 50.000 rupiah sebesar 10.000.000 rupiah, dari tangan tersangka.

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka menyasar pasar – pasar tradisional yang berlokasi di Surabaya, Sampang hingga ke Lamongan. Otak dalam peredaran uang palsu yakni Siti Soleha binti Rui (31 tahun) warga Bangkalan Madura yang mengontrak di Bulak Rukem gang VII Surabaya.IMG_20170725_013019

Selain sebagai pembuat uang palsu, tersangka Siti juga mengedarkan uang palsu tersebut ke wilayah Sampang dan Lamongan. Sedangkan 2 tersangka yang lain yakni Tuni binti Selanu (50 tahun) warga Surtikanti 1 no 14 yang kos di Kedung Mangu Surabaya dan Mala Herlina binti Syukur Adam (47 tahun) warga Bulak Rukem 7-A no 11 Surabaya. Keduanya menyasar pasar-pasar tradisional yang berada di Surabaya.

Iptu Marji Wibowo juga mengatakan Siti bukanlah pemain baru, dia sangat profesional dalam menjalankan aksinya, dia juga yang merupakan otak dari komplotan pembuat serta pengedar upal tersebut, katanya.

Siti juga pernah di tangkap oleh Polda Metro Jaya,Jakarta pada tahun 2011 dengan kasus yang sama, tambahnya.

Butuh waktu extra bagi anggota kepolisian guna menangkap para tersangka. Setelah menyanggong beberapa hari, akhirnya anggota berhasil menangkap otak dari komplotan pengedar uang palsu tersebut. Setelah di kembangkan, anggota kepolisian juga berhasil menangkap 2 tersangka pengedar uang palsu yang lainnya. Kapolrestabes Surabaya memberikan apresiasi serta ucapan selamat atas keberhasilan Polsek karang Pilang dalam mengungkap kasus tersebut.

Atas perbuatan para tersangka yang telah merugikan masyarakat, ke tiga tersangka di jerat dengan Pasal 244 KUHP dan atau 245 KUHP dengan ancaman hukuman  paling lama 15 tahun kurungan.(Bnd)

 

 

Facebook Comments