Dr. Alfiatin Mendorong Dinas Perikanan Harus Mempunyai Ide

0
111

GRESIK, BrataPos.com – Dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Gresik gencar melaksanakan sosialisasi Gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) guna menyadarkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Sosialasasi kali ini yang diadakan di rumah sakit umum wali songo Balongpanggang 1, tepatnya di gedung pertemuan rumah sakit, jalan raya Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Rabu (26/7/17).

Dalam sosialisasi Gemarikan ini dihadiri langsung oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Drs. Langu Pindingara., M.Si kasi pengembangan produk hasil perikanan Achmad Khoriyudin., S.Pi, Direktur rumah sakit umum Balongpangang 1 dr. Alfiatin Fitria, Camat Balongpanggang Dwi Purbo Cahyono., S.Sos, Kepala Desa Balongpanggang, puluhan pegawai rumah sakit, dan ratusan masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Drs. Langu Pindingara., M.Si mengatakan, dengan diadakan lanjutan sosialisasi gemarikan yang ke tiga ini untuk mengetuk hati dan fikiran masyarakat khususnya di Kecamtan Balongpanggang sehingga nanti beralih mengkonsumsi ikan.IMG_20170726_094832

“Karena Gresik bagian Selatan khususnya Balongpanggang menurut data statistik minim makan ikan. Sehingga perlu dilakukan sosialisasi, biar masyarakatnya mengerti betapa pentingnya untuk kesehatan makan ikan,” ungkapnya.

Langu menambahkan, faktor minimnya masyarakat Balongpanggang makan ikan lantaran tidak ada tambak, mayoritas masyarakat Balongpanggang kebanyakan petani.

“Namun di Balongpanggang ini masih mempunyai ikan tawar, sehingga nanti kita akan membantu mengelola ikan tawar itu,” sambungnya.

Langu menambahkan, target kita dengan dilakukan sosialisasi gemarikan ini masyarakat beralih kebutuhan sehari-hari. Sehingga masyarakat Gresik makan ikan semakin banyak.

“Menurut data di Dinas perikanan sampai bulan Juli ini sudah mencapai 32 persen kapatiska, sedangkan untuk target di tahun 2017 harus mencapai 33 persen. Dengan begitu kami terus melakukan sosialisasi dan pembinaan serta membudayakan ikan,” sambungnya.

Dirinya berharap dengan dilaksanakan sosialisasi ini masyarakat memahami tentang gizi ikan sangat tinggi, terutama anak-anak dan ibu hamil.

“Saya berharap pihak rumah sakit umum Balongpanggang 1 ini mengajak seluruh komponen untuk makan ikan. Dan saya berharap Gresik selatan memahami tentang gizi ikan yang sangat tinggi untuk kesehatan,” imbuhnya.

H. Alfiatin Fitria Direktur utama rumah sakit umum Balongpanggang 1 mengatakan, memang untuk di wilayah Balongpanggang ini minim tambak, karena masyarakat kebanyakan disektor peternakan dan pertanian. Jadi untuk mencari ikan segar sulit dijangkau dan makan ikan pun sangat jarang.

“Jadi saya berharap dengan diadakan sosialisasi ini pemerintah khususnya Dinas perikanan dan kelautan harus mempunyai ide membuat kolam ikan. Supaya masyarakat mengkonsumsi makan ikan bisa tercukupi dan meningkat,” ucapnya.

H. Alfiatin menambahkan, dengan cara sosialisasi seperti ini kita semua menyampaikan kepada masyarakat bagaimana manfaatnya makan ikan untuk kesehatan terutama lansia.

“Karena makan ikan itu sangat bagus untuk penyakit jantung dan mencegah struk. Dan anak-anak pun sangat baik untuk perkembangan otak dan juga pertumbuhan tulang dan kesehatan,” sambungnya. (jml)

 

Facebook Comments