Ikan Bandeng Disulap Menjadi Makanan Luar Biasa

0
136

GRESIK, BrataPos.com – Kabupaten Gresik dikenal dengan kota Pudak, juga terkenal tambak ikan bandeng. Menurut catatan Dinas Perikanan Tahun 2017, luas tambak yang ada di Kabupaten Gresik mencapai sekitar 32.465,07 Ha, dengan mencapai produksi sekitar 107.692,57 ton, ini menunjukan Kabupaten Gresik kaya dengan ikan bandeng.

Dengan jumlahnya ikan bandeng yang cukup besar, Dinas Perikanan Kabupaten Gresik bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Gresik, melakukan kreasi masakan berbasis ikan bandeng untuk dilomba. ( 13/7/17 ).

Peserta lomba kreasi berbasis bahan baku ikan bandeng itu Dinas Perikanan mengundang Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gresik.

Hasil racikan tangan dinginnya ibu – ibu PKK sangat luar biasa berbagai macam olahan seperti siomay bandeng kukus dan goreng, acar bandeng modifikasi dan sayuran, dan puding ikan bandeng mas koi.IMG20170713101432

Sate bandeng ceria, putri ayu bandeng, dan roll bandeng. Sus labu bandeng, asem – asem gulung bandeng, dan pudding bandeng naga.

Pudding bandeng berkedel, sup bola bandeng, dan risoles bandeng. Rujak petis bandeng, botok lapis bandeng, otak – otak bandeng sempalan bandeng, dan mie pudding bandeng.

Tidak hanya diolah menjadi makanan, minuman pun yang dikerjakan ibi – ibu PKK ini menjadi minuman yang sangat enak dan segar.

Seluruh olahan bandeng yang paling kreatif dan yang paling enak berhak mendapatkan nilai yang tinggi dari tim juri serta mendapatkan hadiah uang dan trofi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gresik Drs. Langu Pindingara, M.Si mengatakan, dengan diadakan lomba ini memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyrakat, menyebarluaskan informasi tentang olahan berbahan baku ikan bandeng dengan kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

“Kita mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ( Gemmarikan ), dan tumbuh perkembangannya ekonomi kreatif berbasis inovasi masakan kuliner berbasis ikan,” katanya.

Ketua panitia penyelenggara lomba kreasi berbasis ikan bandeng, lomba kreasi ini untuk dapat menghasilkan inovasi menu makanan berbasis ikan berbahan baku ikan bandeng, mempromosikan kekayaan atau potensi masakan berbasis ikan kepada masyarakat luas.

Sebelum mendapatkan hadiah tim juri yang didampingi Ketua PKK Kabupaten Gresik, Ulfa, dan juga didampingi  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gresik Drs. Langu Pindingara, M.Si mencicipi terlebih dahulu satu persatu makanan olahan bandeng.

Hasil lomba kali ini juara I dimenangkan oleh Tim PKK Kecamatan Sidayu, dengan resep makanan Sate bandeng ceria, putri ayu bandeng, roll bandeng, dan gulai bandeng. Juara II dimenangkan oleh tim PKK Kecamatan Wringinanom dengan olahan bandeng kecut, pudding bandeng kacang mawar, dan skutel bang roni. Untuk juara III dimenangkan oleh tim PKK Kecamatan Menganti.

Pemenang lomba kreasi berbasis ikan ini, akan diikutkan lomba masuk tingkat provinsi jawa timur di Imperial Balroom I Pakuwon Surabaya, yang akan dilaksanakan tanggal 18 Juli mendatang. (jml/smk)

 

Facebook Comments