Efendi Nekat Menggasak Uang Kotak Amal Demi Mencukupi Kebutuhan Lebaran

0
87

JOMBANG – Moch Efendi (25), warga Dusun Bocok, Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, benar-benar gelap mata. Dia nekat menggasak uang kotak amal musala sebesar Rp2,6 juta demi mencukupi kebutuhan lebaran.

Untungnya, pencurian tersebut dipergoki warga. Efendi pun ditangkap dan diserahkan ke kantor polisi. Tentu saja, keinginan Efendi untuk merayakan lebaran pupus sudah. Bahkan dirinya kini hari menikmati lebaran di balik dinginnya lantai penjara.

“Pelaku kita tangkap berikut barang bukti. Diantaranyam kotak amal, obeng, serta uang sekitar Rp2,6 juta hasil menjarah kotak amal,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang Iptu Subadar, Selasa (13/6/2017).

Subadar menjelaskan, kejadian itu bermula ketika Efendi mampir ke musala Al Fatah Kelurahan Jelakombo Gang IV Jombang Kota, Senin (12/6/2917) sekitar pukul 13.00 WIB. Agar tidak memantik kecurigaan, pelaku berpura-pura salat.

Karena situasi belum memungkinkan, Efenfi lantas tidur-tiduran di musala tersebut. Nah, ketika situasi sepi, Efendi langsung beraksi. Dia menggotong kotak amal ke ruang yang bisa digunakan salat kaum perempun di musala tersebut.

Dia mengeluarkan obeng dan menjebol gembok yang menempel di kotak tersebut. Secepat kilat, setumpuk uang yang ada dalam kotak itu berpindah tangan. Efendi tidak sadar, pada saat yang sama ada sepasang mata yang sedang mengawasi gerak-geriknya. Orang yang memergoki tersebut kemudian menghubungi warga lainnya.

Selanjutnya, mereka beramai-ramai menangkap Efendi. Pria paruh baya ini tak bisa berkutik. Dia mengakui segala perbuatannya. Oleh warga, pelaku diserahkan ke Polsekta Jombang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.(*BeritaJatim)

Facebook Comments