Polisi Ciduk Penipu Bermodus Gadaikan Mobil Rental

0
172

JOMBANG – Polsek Perak Jombang membekuk Moch. Tholib, warga Desa Bangkok, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Pria berumur 45 tahun ini diduga kuat melakukan penipuan dengan modus menggadaikan mobil sewaan (rental).

“Pelaku sudah kami tangkap berikut barang bukti. Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan,” ujar Kapolsek Perak AKP Untung Sugiarto sembari menunjukkan barang bukti yang dimaksud, Senin (29/5/2017).

Untung menjelaskan, kasus itu bermula ketika Tholib mendatangi Sulthon Udin, warga Desa Perak, Kecamatan Perak, Jombang, untuk menyewa mobil selama 3 hari, Rabu (10/5/2017), . Sesuai kesepakatan, harga sewa dipatok Rp250 ribu per hari (24 jam). Mobil Daihatsu Xenia dengan nomor polisi S-1081-YZ itu kemudian dibawa oleh Tholip.

Namun, setelah jatuh tempo, kendaraan roda empat tersebut tak kunjung dikembalikan oleh pelaku. Sulthon sudah berusaha menghubungi pelaku, namun telpon seluluer warga Pare ini membisu alias mati.

Tak kurang akal, Sulthon lantas mencari Tholip ke Ngantang, Malang pada Minggu (28/5/2017). Walhasil, upaya itu mendapatkan titik terang. Kepada Sulthon, pelaku mengatakan jika mobil Daihatsu Xenia itu digadaikan ke Yoda Aris Siswanto, warga Jl. Teuku Umar, Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sebesar Rp 10 juta.

Sulthon kecewa. Dia kemudian membawa Moch. Tholib ke Polsek Perak guna melaporkan kasus penipuan tersebut. Polisi langsung bertindak, pada Minggu (28/5/2017) sore, mereka mengambil mobil milik korban yang disewakan di Yoda Aris Siswanto.

Namun, saat mendatangi ke rumah Yoda, ternyata mobil tersebut sudah dititipkan Yoda ke Polsek Pare, karena tidak diambil pelaku. “Akhirnya barang bukti kita sita. Pelaku Tholib langsung kita tahan,” kata Untung sembari mengatakan bahwa pelaku dijerat pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP.

Facebook Comments