Oknum PNS Dinas Perijinan Kena OTT

0
152

Bangkalan, Bratapos.com – Lagi-lagi oknum PNS di Kabupaten Bangkalan terkana Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Satreskrim Polres Bangkalan. Kali ini yang ditangkap Reskrim 2 (dua) oknum PNS dari kantor Dinas Perijinan terpadu Kabupaten Bangkalan.

Dua Oknum PNS tersebut yakni AFY (41) menjabat sebagai kabid di Dinas Perijinan, dan AHC (36) menjabat sebagai staff di Dinas perijinan. Dalam penangkapan 2 (dua) oknum PNS tersebut dilakukan di ruang pelayanan perizinan terpadu Kabupaten Bangkalan, pada Selasa (11/4/17) sekitar pukul 12.15 wib.

Peristiwa bermula pada hari Senin (10/4/17), pegawai PT. Golden Mirin yang bergerak dibidang pengembang perumahan, yakni Anwar Sadat datang ke kantor perizinan untuk menemui AFY untuk legalisir IMB yang akan digunakan oleh para pembeli rumah sebagai persyaratan pengajuan KPR di Bank.

Pada saat bertemu, AFY dan AHC malah meminta imbalan sebesar Rp. 40.000,- untuk tiap kertas legalisir IMB. Dan pada saat itu juga diserahkan berkas pengajuan legalisir sebanyak 126 berkas IMB yang akan dilegalisir.

Ke esokan harinya pada hari selasa (11/4/17), Anwar Sadat mengambil dokumen legalisir tersebut kepada tersangka AHC, selanjutnya Anwar Sadat menyerahkan uang sebesar Rp. 5.050.000 (kepada tersangka AHC sesuai yang diminta, disitulah polisi melakukan penangkapan dan penggeledahan badan kepada AHC, dan polisi ditemukan uang tunai sebesar Rp. 5.050.000,

Kasat Reskrim Polres Bangkalan AKP Anton Widodo, SH melalui Kasubbaghumas Polres Bangkalan AKP Bidarudin, SH menjelaskan bahwa,” terhadap kedua tersangka AFY dan AHC, penyidik dapat menerapkan pasal 12 huruf e UU RI No.31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU RI No.20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Polisi menyita barang bukti uang tunai sebesar Rp.5.050.000, 126 berkas pengajuan legalisir IMB serta buku Register Legalisir dibawa ke Polres Bangkalan untuk proses penyidikan selanjutnya. (tim)

 

Facebook Comments