Aghnia, Mahasiswi Asal Indonesia Dipaksa Buka Hijab Oleh Petugas Bandara di Italia

0
62

Aghnia Adzkia, mantan wartawan CNN Indonesia mengalami kejadian tidak mengenakan di Bandara Ciampino Roma, Italia, dimana ia disuruh membuka jilbabnya dan dilarang masuk area keamanan bandara.

Ia yang kini tengah melanjutkan studi master Digital Journalism di Goldsmiths, University of London mengalami peristiwa tersebut pada Minggu (9/4/2017) saat ia pulang liburan dari Italia dan akan kembali pulang ke London.

Kekecewaan dan kemarahannya dituangkan Aghnia melalui akun Facebooknya bernama Aghniaadzkia. “Saya  terkejut menyaksikan petugas keamanan bandara Ciampino di Roma yang  telah memperlakukan saya dengan tidak menyenangkan, mereka meminta saya untuk membuka  jilbab saya untuk alasan keamanan ketika saya sedang bersiap-siap untuk terbang kembali ke London pada hari Minggu,” tuturnya, dalam postingan pada Senin (10/4/2017).

Ia menambahkan jika petugas keamanan tersebut memintanya mengikuti salah satu wanita ke ruang pribadi untuk memeriksa jilbabnya.Namun baginya, masalah tersebut bukan hanya tentang apakah ia mau atau tidak menunjukan kepalanya tanpa berhijab, meskipun di depan seorang wanita.

” Ini adalah soal martabat dan hak-hak manusia. Untuk alasan apa  mereka meminta saya untuk melepas jilbab saya?” curhatnya.

Setelah bersitegang dengan petugas keamanan, akhirnya ia memutuskan memesan tiket ke London dari
bandara Fiumicino. Hal yang sama pun dialaminya, dimana ia harus menjalani pemeriksaan dengan membuka jilbab.

Kali itu ia  setuju karena  ingin membuktikan kepada mereka bahwa  tidak perlu menyembunyikan sesuatu karena ia bukan teroris.  dan bahwa saya bukan teroris. Tetapi lagi-lagi ada yang membuatnya kesal karena ia melihat dua biarawati mengenakan jilbab, tetapi mereka tidak diminta untuk melepaskannya.

“Apakah ini yang Anda sebut perlakuan yang adil dan hormat?

Facebook Comments