Kepemimpinan Yang Patut Di Apresiasi Oleh Pemerintah

0
115

GRESIK, BrataPos.Com – Kepala UPT Dinas Pendidikan Wiringinanom, Siswoto,S.Pd yang lahir di Kota Surabaya, pada 25 Desember 1963 yang tinggal di Kecamatan Menganti, Gresik.

Seorang Siswoto ini menjelajahi pendidikannya awal masuk Madrasah, setelah lulus Madrasah melanjutkan pendidikannya ke SMP, cita-cita pun terus dikejar untuk menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa, pendidikan pun terus berlanjut Sekolah Menengah Atas (SMA) dilampauinya.

Namun perjalanan pendidikan tidak sampai disitu saja, seorang Siswoto terus berjuang demi cita-cita. untuk mengejar cita-cita perjuangan Siswoto tidak berjalan mulus. Siswoto pun rela bekerja sebelum berangkat kuliah, agar biaya kuliah bisa dibayar.

Dalam proses pengejeran cita-cita apapun dilakukan Siswoto, istilah Jawa mengatakan “sikil digawe ndas, ndas digawe sikil” artinya. Kaki dibuat kepala, kepala dibuat kaki.

Dengan berjalannya waktu Siswoto bekerja disalah satu perusahaan selama 2 tahun untuk membiayai pendaftaran kuliahnya, akhirnya untuk menjadi seorang mahasiswa tercapai. Siswoto masuk kuliah, dan ngambil jurusan pendidikan.

Pria yang berkumis tebal dan berpostur tinggi ini yang hobinya olahraga bulu tangkis, dengan tekun menjalani pendidikan semester demi semestar. Pria yang menyukai makanan faforit soto ayam ini akhirnya ditahun 86 mencoba mendaftar PNS di di Surabaya.

Perjuangan dan cita-cita dari kecil akhirnya untuk mengabdi ke Negara dengan menjadi PNS tercapai. Namun sebelum menjadi kepala UPT, pria yang mempunyai 2 anak ini mengawal karirnya menjabat sebagai pengawas UPT di Menganti mulai dari tahun 2012.

Namun karirnya pun terus melonjak tinggi, di tahun 2016 diangkat menjadi kepala UPT Dinas Pendidikan Wiringinanom tepatnya tanggal 30 Desember tahun 2016.

Dunia baru yang dilalui Siswoto adalah menjadi kepala UPT Dinas Pendidikan Wiringinanom.” jabatan yang tidak pernah di sangkakan, tapi apa boleh buat ini juga merupakan pengabdian terhadap negara, bangsa, dan tanah air saya harus siap, kata pria yang murah senyum.

Walau begitu tidak menjadikan Siswoto sombong, walaupun dirinya sudah menjabat kepala UPT, Siswoto tetap rendah hati dan mawas diri.” karena menurut Siswoto jabatan inimerupakan amanahmaka dari itu saya akan melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang kepala UPT,” tegasnya.

Didalam masa jabatannya yang baru seumur jagung ini, Siswoto sudah banyak melakukan perubahan salah satu perubahan tersebut adalah, sejak Siswoto menjabat sebagai kepala UPT Dinas Pendidikan Wringinanom, sistem komunikasi antara anggota dan pimpinan sudah berubah yang sumula anggota untuk masuk ruangan kepala atau pimpinan enggan, karena takut. sekarang sudah tidak. dan bila ada permasalahan bisa kita rembuk bareng bareng, kata salah satu anggota UPT.

Dalam jiwa Siswoto sudah tertanam darah kepemimpinan yang baik, didalam pemikirannya hanyalah pengabdian yang paling utama.” yang jelas saya menerapkan 3 S, Salam, Sapa, dan Senyum. (jml/bnd)

Facebook Comments