Pawai Ogoh-ogoh Sambut Hari raya Nyepi Umat Hindu Desa Sukoreno Kec Umbulsari Jember

0
28

JEMBER-BrataPos.Com, Pawai dengan mengarak Ogoh-ogoh merupakan salah satu acara umat Hindu dalam menyambut datangnya Hari Raya Nyepi yang selalu dilaksanakan pada setiap tahunnya, demikian halnya pada perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1939 yang jatuh pada tanggal 28/03/2017, umat Hindu yang ada di Ds Sukoreno Kec Umbulsari Kab Jember menggelar pawai Ogoh-ogoh tersebut pada Senin 27/03/2017 Pukul 19.00 Wib keliling Desa Sukoreno dan berakhir di Pura Swasti Dharma.

Hadir pada acara tersebut Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PDHI) Kab Jember I Wayan Wese Atmaja, Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Jember Hari Wijayadi, Muspika Kecamatan Umbulsari, I Wayan Widiyana Pengasuh Pura Swasti Dharma dan umat Hindu yang akan melaksanakan pawai serta masyarakat yang menonton prosesi pawai tersebut.

Dalam Sambutannya I Wayan Wese Atmaja menyampaikan rasa bangganya atas kebhinekaan, kebersamaan dan toleransi yang sangat luar biasa di Ds Sukoreno ini, disamping dihadiri oleh para pejabat dari Kabupaten Jember, Muspika serta seluruh lapisan masyarakat dari berbagai agama pun turut hadir, inilah wujud toleransi antar umat beragama yang patut selalu kita pelihara bersama.

Makna mengusung dan membawa keliling Ogoh-ogoh yang disimbulkan dengan patung buta kala yang menyeramkan tersebut merupakan wujud dalam rangka menghilangkan sifat-sifat buruk kemurkaan serta hawa nafsu jahat yang ada pada diri manusia serta lingkungan disekelilingnya, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan hidup tanpa adanya ganguan apapun. Kata I Wayan Wese Atmaja.

Selanjutnya sambutan Camat Umbulsari Faris yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat, dimana rasa toleransi yang ditunjuukan memang sangat membanggakan dimana saat ini tidak hanya Umat Hindu yang hadir namun umat beragama lainnpun hadir turut menyaksikan jalannya acara ini, untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada panitia yang melaksankan kegiatan ini dengan baik semoga mampu memperkuat persatuan dan kesatuan serta toleransi antar umat beragama khususnya di Kec Umbulsari dan Kab Jember wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya pada pukul 19.50 Wib acara Tawur Kesanga dalam rangka menyambut Hari Raya nyepi Tahun Baru Saka 1939 yang dikenal dengan pawai Ogoh-ogoh dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Jember Hari Wijayadi dari depan Pura Swasti Dharma. Sepanjang jalan yang dilalui dipadati penonton dari masyarakat baik yang datang dari desa setempat maupun dari berbagai desa disekitarnya, yang turut meramaikan acara tersebut, Pukul 24.00 Wib iring-iringan Ogoh-ogoh berakhir di depan Pura Swasti Dharma dan dilanjukan dengan pembakaran.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan permohonan maaf karena dirinya tidak bisa hadir dan sedang melaksanakan dinas luar di Surabaya, dan pada kesempatan tersebut atas nama pribadi maupun Keluarga Besar Kodim 0824 Jember menyampaikan “Selamat Merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939” Kepada Umat Hindu yang merayakannya.

Semoga kita selalu diberikan keberkahan serta kemudahan menjalankan pengabdian kita dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara dengan senantiasa mampu menjaga persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

Facebook Comments