Makanan Pendamping Asi, Perlukah Membuat Sendiri?

0
290

Oleh: Novita Anggun Nurrahmi

Saya rasa sangat PERLU.
Memiliki anak dengan riwayat kelahiran khusus (baca: Omphalochel) membuat saya lebih proktektif bahkan saudara banyak yang bilang saya lebay, anaknya makan ini tidak boleh, nyemil itu juga dilarang.

Saya melakukan itu memang ada tujuannya, setiap orang tua pasti memahami anaknya. Begitupula yang saya lakukan, tidak berlebihan bukan?

Pemberian MPASI contohnya, ini adalah hal yang selalu saya mimpikan jauh sebelum proses lahian, tapi praktiknya sedikit berbeda (tidak semua makanan bisa masuk ke tubuh Qiya).

Menjadi sedikit rempong di pagi hari hanya untuk kecil sarapan Qiya itu hal yang sangat membahagiakan, terlebih jika makanan itu habis di lahap si bayi. Rasaya sungguh bahagia, tidak dapat tergantikan. Dan itu menjadi penyemangat sang Ibu untuk tetap memasak untuk anaknya.

MPASI homemade itu lebih sehat.
Ibu bisa memilihkan bahan makanan apa aja yang sehat dan menjaga kebersihannya.

MPASI homemade itu hemat.
Hemat karena porsi makan si bayi sedikit, bahan juga mudah ditemukan, dan bisa dijadikan frozzen food.

MPASI homemade itu bukti cinta.
Iya, bukti cinta seorang ibu untuk anaknya, melihat anaknya tumbuh dengan makanan sehat dan bergizi itu adalah penghargaan tertinggi untuk sang Ibu.

MPASI homemade itu simple.
Jadi yang ibunya pekerja bisa membuatkan mpasi yang sehat, tidak memakan banyak waktu.
contoh: ketika membuat kaldu, saya bikin sekalian banyak dan simpan di frezzer. Ketika akan mengkukus wortel atau kentang, biasanya saya lakukan ketika menanak nasidi pagi hari jadi se-simple itu kok. Mungkin kitanya aja yang worry duluan.

MPASI homemade itu bervariasi.
Karena sesuatu hal, Qiyara sempat mengkonsumsi bubur instan dan rasanya ya hanya itu-itu saja menunya, beda dengan MPASI sendiri.
Kita bisa membuatnya sesuai kebutuhan sang bayi, mulailah dengan pengenalan sayur terlebih dahulu sesudah itu buah (kebanyakan bayi yang mencicipi buah terlebih dahulu susah makan sayurnya dan berlanjut sampai besar, karena rasa buah itu condong ke manis dan sayur itu condong ke tawar), selain itu kita bisa tahu bayi kita alergi terhadap makanan tertentu apa semua bisa diterima oleh bayi.

So, mulailah dari sekarang, mari membuat MPASI HOMEMADE.

Hingga saat ini saya masih berusaha menjadi ibu yang terbaik putri saya Qiyara, semoga sedikit postingan tentang MPASI banyak memberi manfaat.

Sehat selalu bayi-bayi di Gelas Kosong,

-dituang untuk Gelas Kosong.

Sidoarjo, 2017

 

Facebook Comments