Gedung Baru PMI Gresik Senilai 5 Milliar Diresmikan

0
296

GRESIK, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gresik meresmikan acara pelantikan pengurus Dewan Kehormatan PMI, serta meresmikan gedung baru PMI Kabupaten Gresik, Rabu (25/01/2017), yang bertempat di Jalan Raya Dr Wahidin Kebomas-Gresik.

Dalam pelantikan dan peresmian gedung baru yang didukung dengan fasilitas-fasilitas yang memadai, serta menambah sarana dan prasarana seperti alat penyimpanan kantong darah (blood tank) dan penyimpanan trombosit serta peralatan-peralatan lainnya yang lebih canggih, dihadiri oleh Bupati Gresik, pengurus PMI Pusat, ketua PMI Provinsi Jawa Timur, Forpimda, beberapa Pengurus PMI yang ada di Kabupaten Jawa Timur, dan ratusan relawan Kabupaten Gresik, serta Instansi terkait.

Pelantikan dan Peresmian gedung ditandai dengan pengguntingan pita bunga melati oleh pengurus pusat, dan di tandatangani oleh Bupati Gresik. Gedung baru PMI Kabupaten Gresik berdiri di tanah seluas kurang lebih 1 (satu) hektar dengan bangunan seluas ± 904,7 m2 dengan menelan anggaran senilai 5 Milliar.IMG20170125091928

Dalam sambutannya Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan, peningkatan taraf kesehatan di Gresik memang menjadi program prioritas kami selaku pemerintah.” Maka dari itu, anggaran yang kami siapkan dibidang kesehatan terbilang sangat besar. Di 18 (delapan belas) kecamatan sudah ada 32 (tiga puluh dua) puskesmas yang layak, dengan 20 (dua puluh) rawat inap dan 74 (tujuh puluh empat) puskesmas pembantu,” Rabu (25/01/2017).

Kucuran anggaran kesehatan itu meningkat setiap tahunnya. “Seperti awal tahun 2010 hanya mencapai Rp. 28 miliar, dan pada tahun 2015 telah mencapai Rp 130 miliar, dengan adanya pertumbuhan penduduk di kabupaten Gresik, maka jumlah pendonor darah juga semakin bertambah,” imbuhnya.

Ketua PMI kabupaten Gresik Ir. Moh. Nadjib mengatakan, jumlah pendonor di akhir tahun 2016 telah mencapai 6.325 (enam juta tiga ratus dua puluh lima) orang dan saat ini PMI Gresik telah memiliki stok kantong darah sejumlah 21.742 (dua puluh satu juta tujuh ratus empat puluh dua) kantong darah.“ Saat ini Gresik telah mendistribusikan darah di 50 (lima puluh) faskes. 20 (dua puluh) di faskes Gresik dan 30 (tiga puluh) diluar kabupaten Gresik. Ditahun 2017 ini kami targetkan mencari tambahan objek pendonor,” katanya.

Ketua Pengurus PMI Jawa Timur H. Imam Utomo berkesempatan melantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Gresik yang diketuai oleh Dr. H. Moh. Qosim Wakil Bupati Gresik.” dirinya mengucapkan selamat kepada Pengurus dan Dewan PMI Gresik yang baru dilantik dan mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PMI Gresik yang lama atas pengabdiannya selama ini,” katanya. (jml/wld)

 

Facebook Comments