Maling Bujang Lapuk Digulung Polsek Kota

0
251

GRESIK, Kesatuan Reserse Kriminal Polsek Kota Gresik, gulung maling spesialis uang kotak amal Masjid yang sering beraksi di Desa Sidokumpul Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik, tepatnya di masjid Al Hikmah Bhakti Perrier (BP) Wetan Gresik. Tidak tanggung-tanggung tersang ini mencuri uang dari dalam kotak amal bisa mencapai Ratusan Ribu, namun kali ini apes hanya mendapatkan Rp. 50,000 (lima puluh ribu rupiah).

Dalam aksinya, tersangka yang masih bujang lapuk ini walaupun usianya menginjak hampir 50 tahun, pintar, lincah, dan benar-benar terlatih untuk mengambil uang didalam kotak amal, sehingga untuk memuluskan aksinya tersangka mengambil dengan cara menggunakan sapu lidi yang sudah dilem. Tersangka asli dari kota Pudak ini bernama A. Setiawan, (46) seorang Makelar jual beli barang yang beralamat di Jl. Bedilan, Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik.IMG-20170123-WA0063

Kanit Reskrim Polsek Kota, Iptu Suparmin., SH mengungkapkan kronologinya, Berdasarkan laporan dari warga tanggal (11/01/2017), bahwa di masjid Al Hikmah sering kehilangan uang dari dalam kotak amal. Meninjak laporan itu anggota Reskrim Polsek Kota langsung tancap gas untuk melakukan lidik dan mengintai tersangka.” alhasil selama 1 (satu) minggu melakukan lidik akhirnya saya bersama anggota berhasil menyergap tersangka (21/01/2017) jam 05.30 wib, di Jl. Raya Kartini depan markas Kodim tepatnya di depan CTM Gresik,” katanya, Senin (23/01/17).

Setelah dilakukan penangkapan oleh anggota, awalnya tersangaka tidak mengakui bahwa dirinya yang mencuri uang didalam kotak amal, bahkan tersangka mencoba untuk melarikan diri dari tangan polisi, namun setelah diintrogasi lebih jauh dan anggota memperlihatkan rekaman CCTV, akhirnya tersangka mengakui perbuatannya,” dalam pengakuannya, tersangka mengaku mencuri uang dari kotak amal sudah 3 (tiga) kali dibeberapa masjid, dan hasil uang dari curian dipergunakan kebutuhan sehari-hari,” jelasnya Suparmin.

Dihadapan polisi tersangka mengaku mencuri uang di dalam kotak amal masjid, karena lebih mudah untuk menggasak uang.” apa lagi kalau di masjid situasinya sepi kalau siang bolong jadi gampang untuk mengambilnya,” tuturnya.

Setelah dilakukan penggeledahan polisi berhasil menyita barang bukti uang sebesar 50 Ribu Rupiah hasil curian, 1 (satu) buah sepeda ontel, 1(satu) sapu lidi, lem G, peniti, kaos biru, peci putih, kotak amal Masjid, dan bukti rekaman cctv.

Kini tersangka mendekam dibalik pahitnya jeruji besik Polsek Kota. Akibat perbuatannya pria yang berpostur tinggi ini dikenakan pasal 362 dengan ancaman 4 (empat) tahun penjara. (jml/mhd)

Facebook Comments