5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Cepat Kehabisan Uang

0
99

JAKARTA, Apa Anda sering merasa uang yang Anda miliki cepat habis? Anda pun tidak benar-benar tahu untuk apa uang tersebut Anda habiskan.

Kalau hal ini masih mengganggu pikiran Anda, mungkin salah satu alasannya adalah karena Anda sering melakukan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kondisi finansial.

Secara tidak sadar, beberapa hal yang sering Anda lakukan ternyata membuat keuangan semakin memburuk. Apabila dibiarkan, bukan tidak mungkin hal ini bisa membuat konndisi finansial makin terpuruk.

Kebiasaan apa sajakah itu? Melansir lifehack.org, Minggu (18/12/2016) berikut ulasannya:

1. Mengemil

Walau hanya mengeluarkan uang dalam jumlah sedikit, mengemil ternyata bisa membuat kondisi finansial Anda semakin buruk. Apalagi jika hal ini dilakukan terus-menerus. Cobalah untuk menahan diri Anda untuk tidak membeli makanan ringan di waktu luang.

2. Menabung di bank yang tidak beri bunga tinggi

Sebagian besar dari Anda pasti memiliki tabungan yang ditempatkan di beberapa bank. Tapi tahukah Anda ada bank yang ternyata memberikan keuntungan lebih besar bagi nasabahnya. Hal ini diberikan dalam bentuk bunga yang besar. Menaruh uang di bank seperti ini dapat memberi Anda banyak keuntungan.

3. Belanja barang hanya dipakai sementara waktu

Cobalah untuk berpikir dua kali sebelum mengeluarkan uang untuk berbelanja. Tanya pada diri Anda apakah barang yang Anda beli tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama. Apabila hanya bisa bertahan untuk sementara waktu, akan lebih baik bila Anda tidak membelinya.

4. Tidak mengikuti anggaran

Membuat anggaran perlu agar Anda bisa menelusuri kemana habisnya uang yang Anda miliki. Anggaran ini juga berguna untuk menahan Anda membeli sebuah barang yang tidak perlu.

5. Selalu bayar pakai kartu kredit

Kebiasaan lain yang bisa membuat Anda cepat bangkrut adalah selalu membayar dengan menggunakan kartu kredit. Walau terasa cepat dan mudah, hal ini sebaiknya tidak dilakukan terus menerus. Membayar menggunakan kartu kredit sama saja Anda menambah pundi-pundi hutang dalam kondisi finansial Anda. (Vna/Gdn)(*Red)

Facebook Comments