Sedekah Terhadap Bumi Kita

0
134

SONY DSC

SURABAYA, Guyup rukun, Kebersamaan dan Gotong Royong, itu semua merupakan tujuan utama bagi seluruh lapisan masyarakat.

Seperti yang di lakukan warga Tubanan Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya, (Minggu, 06/11/2016).

Dengan mengadakan Sedekah Bumi setiap tahun warga Tubanan khususnya RW 09 selain untuk membangkitkan semangat kebersamaan, menimbulkan ke Gotong Royongan juga melestarikan tradisi adat peninggalan nenek moyang kita.

Kegiatan yang dihadiri seluruh instansi wilayah mulai dari,,, RT, RW, LURAH, CAMAT, KORAMIL, KEPOLISIAN dan terlihat pula anggota dewan kota Surabaya yaitu Moch Mahmud S.sos.Msi, merupakan orang terpandang sebagai anggota dewan yang sangat peduli terhadap masyarakatnya.

Menurut ketua RW dan juga panitia Sedekah Bumi, Pornomo mengatakan seluruh dana mulai dari pembangunan kampung, PJU (penerangan Jalan Umum) dan Sedekah Bumi yang saat ini kita laksanakan semua di bantu oleh anggota DPRD kita (Moch Mahmud S.sos.Msi), katanya.

Saya mewakili seluruh warga Tubanan mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Bapak Moch Mahmud S.sos.Msi semoga beliau di beri kesehatan, kebahagian, dunia akhirat…Amin…! Do’anya.

Untuk makna dari Sedekah Bumi dijelaskan oleh Ustad Imam Mahmudi dari pondok pesanteren Nurul Khitmah mengatakan, Dalam kita melaksanakan Sedekah Bumi ini bukan sirik karena kita semua memperingati, bukan menyembah, kita melestarikan adat yang sudah menjadi Budaya, kita menjaga agar supaya kita tetap membudayakan persatuan dan kesatuan yang menumbuhkan kebersamaan, jelasnya.

Rangkaian acara yang melibatkan semua kalangan termasuk Karang Taruna turut mendukung acara ini, salah satunya lomba ancak berbentuk macam-macam, kereta merak, ogo-ogo, buto, dan masih banyak lagi bentuknya, semua generasi antusias mengikutinya.

Antusias warga mengikuti lomba ancak bukan karena hadiah yang di siapkan panitia akan tetapi untuk ikut partisipasi memeriakan dan mempertahankan tradisi yang merupakan peninggalan nenek moyang kita.

Oleh karena itu dalam sambutannya Moch Mahmud S.sos.Msi (anggota DPRD) mengatakan, Acara seperti ini saya akan dukung terus selama saya menjadi anggota DPRD karena acara ini merupakan wujud syukur kita terhadap bumi yang injak dan sudah menjadi tradisi kita, katanya.(Bnd)

Facebook Comments