Ribuan Masyarakat Gresik Berjejeran Sepanjang Jalan Protokol Kota

0
188

_dsc1891GRESIK, Puluhan truk trailer berukuran panjang 12 meter yang sudah dihiasi bermacam-macam budaya, nampak berjejeran didepan kantor pemkab Gresik, di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, dengan tujuan Gelora Joko Samudro (GJS) di jalan Veteran Gresik kemarin (27/10/16). Sebelum puluhan truk trailer dilepas oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Dr. Muhammad Qosim, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, dan ketua DPRD Gresik, terlebih dahulu disuguhkan puluhan penari sambil memeragakan tarian khas dari 34 provinsi di Indonesia.

Dalam rangka acara Karnaval truk trailer tahunan, dan Pameran Akbar Mega Industri yang berbudaya ini. Disaksikan langsung oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. Muhammad Qosim, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Forpimda, dan Pejabat Pemkab Gresik, serta ribuan masyarakat yang memadati halaman kantor pemkab Gresik.

Layu warga Sumber Gresik saat ditemui reporter Brata Pos didepan Masjid Agung Gresik mengatakan, ini acara sangat luar biasa yang diselenggarakan pak Bupati.“ Baru kali ini di kota Pudak ada karnaval trailer semegah ini. Yang saya dengar baru pertama kali acara ini di Indonesia, dan dilaksanakan di kota Gresik,” katanya sambil melihat arak-arakan truk trailer.

Selain iring-iringan karnaval masih ada sejumlah kegiatan selama 3(tiga) hari, mulai tanggal 27 sampai 30 Oktober 2016. Diantaranya ada pameran industri, festival kuliner, pentas seni, dan sejumlah kegiatan lain yang ada di 104 stand.

Saifullah Yusuf wakil Gubernur jawa timur mengatakan, acara ini yang diselenggarakan oleh Bupati luar biasa.” Gresik dan Jawa Timur punya destinasi wisata baru. Sekarang ini, kita memang harus menunjukkan keunggulan yang kita miliki, terutama budaya. Agar kita dikenal sampai ke tingkat internasional,” ucapnya Gus Ipul, panggilan akrabnya Saifullah Yusuf didepan puluhan awak media.

Dengan adanya acara seperti ini masyarakat Gresik bisa tahu perusahaan apa saja yang ada di kotanya.“ Dan bagi perusahaan, saya kira tidak keberatan dengan kegiatan ini. Maka, saya menghimbau agar ke depan semua perusahaan bisa ikut ambil bagian dan terlibat secara utuh, jangan magak,” sambungnya.

Wagub Gus Ipul memuji ide Bupati sambari atas kegiatan ini. “Ini bisa diagendakan setiap tahun, selain bisa dijadikan ikon Kabupaten Gresik. Kegiatan ini bisa dijadikan destinasi baru,” imbuhnya.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menegaskan bahwa acara ini akan dijadikan even tahunan.” Jika sekarang baru ada 27 perusahaan besar yang terlibat, ke depan diharapkan lebih banyak,  karena di Gresik tercatat ada 100 perusahaan yang beroperasi. Dalam kegiatan ini kami bukan hanya melibatkan pelaku industri, tapi juga para pelaku UMKM,” katanya.

Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan Gresik ke dunia luar, termasuk ke luar negeri.” Dan dari kegiatan ini pula, diharapkan bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan di Gresik, serta untuk memberi hiburan bagi masyarakat,” sambungnya yang didampingi Wakil Bupati Muhammad Qosim.

Pantauan reporter Brata Pos mulai dari  jalan  Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kemudian melintasi Jalan Kartini lalu berbelok ke kanan menuju Jalan Veteran yang selanjutnya masuk arena Pameran di Gelora Joko Samudro (GJS) sejak siang, ribuan warga sudah berjejer di sepanjang jalan protokol yang dilalui karnval sampai petang, iring-iringan truk trailer dengan berbagai hiasan, termasuk burung merak, miniatur industri listrik, pusat pelayanan perbankan, dan sebagainya terus menghiasi jalanan utama Kota Gresik. Gerimis yang mengguyur beberapa saat pun tak menyurutkan minat warga untuk melihat karnaval itu. (Jml/wld)

Facebook Comments