Ritual Kirap Keliling

0
175

SURABAYA, Indonesia mempunyai banyak budaya, dari Sabang sampai Meraoke, dari sudut kota sampai pedesaan, dari jaman batu sampai jaman modern,bangsa indonesia masih tetap mempertahankan dan melestarikan dengan baik kebudayaan itu, seperti yang di lakukan oleh warga Gadel Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya, (minggu, 23/10/2016) melakukan Ritual Kirap keliling Desa Gadel, semua itu untuk mempertahankan apa yang menjadi peninggalan nenek moyangnya (warga gadel).

Peserta Kirap di ikuti seluruh jajaran pemerintahan yang ada dan komonitas Bonek Argad (Arek Gadel) Ini merupakan salah satu wujud dari warga Gadel untuk menguri-uri kembali apa yang menjadi peninggalannya (nenek moyang).

Di jaman yang sudah menjadi jaman KOMPUTERISASI ini, warga Gadel masih tetap menjalani Ritual tersebut, Salah satu budaya yang masih dilakukan warga Gadel setiap satu tahun sekali adalah SEDEKAH BUMI.

Budaya sedekah bumi merupakan wujud shodakoh atau wujud syukur terhadap bumi yang kita tempati agar tetap dilindungi oleh allah SWT, Dalam melaksanakan ritual warga membawa hasil bumi untuk di sedekahkan terhadap masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu Sedekah Bumi juga merupakan wujud kebersamaan yang selalu di pertahankan dan juga tujuan utama warga Gadel dalam mewujudkan“GADEL BERSINAR”

SONY DSC

Acara sedekah bumi di tempatkan di area yang disebut warga Gadel PUNDEN, yang di akui warga sebagai tempat asal muasal desa Gadel, Konon cerita salah satu warga setempat nama GADEL di ambil dari nama daun GADEL akan tetapi sampai saat ini warga tidak pernah tahu bentuk ataupun wujudnya daun tersebut.

Menurut pempinan Ritual Ratmi Renja (dari padepokan Dhulang Projo Suko Kencono) mengatakan, Kirap keliling itu di lakukan karena untuk mengenang apa yang di lakukan pendahulu kita, agar warga masyarakat tidak melupakan adat istiadat budaya kita, dan sebagai generasi muda wajib melestarikannya, katanya.

Sedekah Bumi merupakan wujud terima kasih kepada allah SWT bahwa di tahun yang akan datang warga masyarakat Gadel tetap di berkahi, banyak rizki, dijauhkan dari musibah dan diberi umur panjang, Tambanya.

Walaupun di bawah rintik hujan tidak mengurangi semangat warga untuk mengikuti ritual kirap, antusias warga yang menyaksikan ritual kirap sangat luar biasa, Dalam sambutannya Ketua RW 06 mengatakan saya sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pemerintahan yang ada di wilayah Kecamatan Tandes, RT, RW, Lurah, Camat, Danramil, Polsek Tandes, dan semua Donatur yang ikut membantu untuk kesuksesan acara sedekah bumi ini, katanya.

SONY DSC

Tidak lupa pula kepada wakil rakyat (Anggota DPRD) kita yaitu Moch Mahmud S.sos.Msi yang saat ini hadir di hadapan masyarakat Gadel, saya ucapkan banyak banyak terima kasih kerena tanpa bantuannya (Moch Mahmud S sos.Msi) saya sebagai ketua RW 06 tidak akan bisa mensukseskan semua pembangunan dan kegiatan yang ada di wilayah Gadel khususnya RW 06, tambanya.

Saat di temui awak media Moch Mahmud S.sos.Msi, mengatakan, ini semua sudah menjadi tugas saya sebagai wakil rakyat, karena saya menjadi seperti sekarang ini karena rakyat, katanya.

Harapan saya semoga saya dapat memberikan apa yang menjadi hak rakyat, dan acara seperti ini wajib kita pertahankan, harapnya.(Bnd)

Facebook Comments