Gajah Mada Dan Aplikasi Go Sigap Ditunggu Kinerjanya Oleh Masyarakat Gresik

0
370

GRESIK, Polres Gresik melaksanakan acara peluncuran Go Sigap aplikasi dalam bentuk layanan Publik berbasis IT, kamis (6/10/16). Dalam acara peluncuran Go Sigap ini dilaksanakan di gedung Mandala Bhakti Praja lantai 4 kantor Pemda, acara peluncuran aplikasi Go Sigap ini dihadiri 12 instansi pendukung dan juga di tandai dengan penandatanganan nota kesepakatan (MoU), dan disaksikan intansi terkait terutama wakil Bupati Moch Qosim, Kapolres, Dandim 0817, ketua DPRD, Deputi pelayanan publik dan (PAN-RB), ketua MUI cabang Gresik, seluruh SKPD, anggota Gajah Mada, dan tak lupa juga hadir Kapolres Sidoarjo.

Kapolres Gresik Adex Yudiswan, SH, S.I.K, Msi., menjelaskan, program Go Sigap ini  merupakan aplikasi layanan publik berbasis IT yang terintegrasi secara online dan offline dengan melibatkan multi instansi, dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.” Masyarakat yang sudah registrasi dapat memanfaatkan fitur layanan panik button atau tombol bantuan untuk berita-go-sigap-polres-gresik-3memperoleh bantuan dan kehadiran Polisi dalam keadaan darurat. Jadi alarm akan berbunyi pada semua smartphone petugas Polri dan operator Go sigap. Dan Petugas terdekat akan segera mendatangi pelapor serta petugas dapat mengetahui identitas diri pelapor, berdasarkan sistem registrasi yang sudah terkoneksi dengan e-KTP,” ucapnya.

Aplikasi Go Sigap ini dapat di install pada (HP) yang berbasis Android.” Go Sigap ini beberapa waktu lalu telah di launching oleh menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dan Kepala kepolisian Republik Indonesia di sidoarjo hari kamis 1 september 2016, karena Go sigap ini sangat efektif sekali dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat, maka kami langsung merespon untuk segera di laksanakan,” kata Adex (sapaan akrabnya kapolres gresik).

Go Sigap merupakan layanan masyarakat, di mana masyarakat dengan mudah mengirim laporan kejadian apapun secara tertulis atau bisa menambahkan foto atau video melalui aplikasi Go Sigap ini.” Setelah membuat laporan, polisi terdekat segera ditindak lanjuti oleh petugas. Masyarakat boleh melapor semua kejadian, termasuk kalau ada anggota polisi yang nakal, silahkan lapor di foto dan kirim ke aplikasi Go Sigap jadi jangan sungkan-sungkan, jika terbukti bersalah, kami tak segan-segan untuk menindak lanjuti,” sambungnya.

Ada dua program dalam upaya memberikan kenyamanan kepada masyarakat, yaitu Go Sigap dan Gajah Mada.  Kalau Go sigap terkait dengan aplikasi yang sangat efektif, sedangkan Gajah Mada adalah, program pelayanan Publik dengan permasalahan di Desa.” Seperti komflik antar warga, permasalahan yang berlarut-larut tak kunjung selesai, atau permasalahan yang tertunda-tunda, disinilah peran Gajah Mada lebih bisa menyelesaikan masalah di masyarakat dengan aman, nyaman dan guyup. karena anggota Gajah Mada terdiri dari anggota Polri, TNI dan Pemerintah Daerah, ini wujud kebersamaan dalam menyelesaikan segala permasalahan di masyarakat, program ini bertujuan menciptakan Gresik yang aman dan nyaman,” imbuhnya Kapolres Gresik.

Sementara itu Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh Qosim merasa bersyukur dan terimakasih kepada semua pihak.” Dengan hadirnya Program Go Sigap dan Gajah Mada ini, yang anggotanya terdiri dari Jajaran Polres, Kodim dan Pemkab, kondisi Gresik semakin hari semakin aman dan kondusif, ini terbukti di beberapa peristiwa di Gresik yang dulu penyelesaiannya membutuhkan waktu berlarut-larut, namun  setelah hadirnya dua program ini, permasalahan lebih cepat teratasi dan ampuh tanpa meninggalkan masalah baru, selamat untuk jajaran Go Sigap dan Gajah Mada,” ucapnya orang nomor dua di kabupaten gresik ini.

Di tempat yang sama Deputi Pelayanan Publik kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Prof. Diah Natalia, merasa surpres dan bangga.” Saya sangat senang dan bangga setelah menadapat penjelasan sekaligus membuktikan kehebatan aplikasi yang di terapkan di Gresik, ini membuktikan ternyata ujung-ujungnya semua ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan sekaligus membuktikan kalau Polri telah melakukan perbaikan dan terobosan baru dengan memberikan pelayanan masyarakat dengan baik,” ucapnya. (Jml/wld)

Facebook Comments