Desa Kepatihan Melaksanakan Acara Tahunan Sedekah Bumi

0
224

GRESIK, Dari sudut kota Gresik sampai yang terpencil, terlihat warga berbondong-bondong menuju balai Desa, sambil membawa satu pasang tumpeng dan panggang ayam untuk melaksanakan acara tahunan yang merupakan peninggalan nenek moyang yaitu Sedekah Bumi, yang dilaksanakan  di Dusun Kepatihan dan dipusatkan di balai desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, perayaan sedekah bumi ini yang dilaksanakan oleh desa Kepatihan setahun sekali.

Minggu (02/10/16) ribuan warga desa Kepatihan berkumpul di balai desa, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, perempuan atau laki-laki bercampur aduk menjadi satu, yang bertujuan untuk menyelengagarakan ritual sedekah bumi.

Kali ini di tahun 2016 masyarakat Kepatihan melaksanakan ritual sedekah bumi di kemas dengan sangat sederhana, karena menurut kepala desa Kepatihan Nemu mengatakan, kita sebagai manusia yang baik kita wajib memelihara apa yang menjadi peninggalan nenek moyang kita,” karena (mereka red) berjuang tanpa ada pamrih, dan tugas kita sekarang untuk memelihara dan merawatnya, serta merayakannya,” katanya.

Yang terpenting kita hormat kepada leluhur, karena leluhur itu tidak pernah meminta jasa apapun, dan leluhur itu ikhlas memperjuangkan peninggalannya, beda dengan para pahlawan,” maka dari itu kita melaksanakan peninggalannya leluhur kita seperti sedekah bumi ini, dangan tujuan menyatukan masyarakat yang belum kenal, kita mendoakan leluhur kita yang sudah tiada, agar senantiasa ditahun yang akan datang masyarakat bisa melaksanakan sedekah bumi lebih ditingkatkan lagi, dan kita semua yang ada (disini red) diberi umur panjang,” sambungnya.

Ditahun ini warga kepatihan melaksanakan sedekah bumi tidak ada hiburan, karena merayakan sedekah bumi itu tidak harus dengan hiburan,” yang paling penting kita tidak pernah lupa atas peninggalan leluhur kita, mudah-mudahan ditahun depan lebih baik dan lebih meriah dan tentunya lebih bagus dan juga lebih ditingkatkan lagi,” sambungnya.

Dalam pelasanakan sedekah bumi tahun ini warga Kepatihan menggelar do’a dan Isti’qosa bersama, dengan ini masyarakat lebih merasakan apa arti dari bersedekah. (Jml/wld)

Facebook Comments