Pemkab Gresik Kucurkan Dana 1.5 Milliar Untuk TMMD

0
239

Gresik. Pemerintah Kabupaten Gresik mengucurkan dana Rp. 1,5 miliar guna menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016. Hal itu ditandai dengan penandatanganan dalam suatu berita acara dalam upacara pembukaan TMMD yang berlangsung di halaman kantor Bupati Gresik, Selasa (20/9/16). TMMD kali ini menyasar pada Desa Ngabetan, Wedani dan Cagak Agung, kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.

Bupati Gresik Dr. Ir. Sambari Halim Radianto berharap agar program TMMD ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Program ini nantinya akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur fisik, dan diharapkan nantinya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mendukung dengan mengucurkan dana Rp. 1,5 miliar untuk program TMMD tahun ini. Saya yakin dengan adanya program TMMD ini, dapat menghemat biaya pembangunan ,”kata Bupati Sambari.

Nantinya , akan terfokus untuk perbaikan jalan dan jembatan, pendalaman waduk, irigasi sekunder, irigasi tingkat usaha tani, irigasi desa dan fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Bupati Gresik juga mengatakan, “bahwa program TMMD tersebut merupakan program lintas sectoral yang melibatkan berbagai unsur. Diantaranya adalah pemerintah kabupaten Gresik melalui Dinas terkait, TNI dan unsur masyarakat, untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah serta membuka isolasi antara satu desa dengan desa lainnya,” sambungnya.

Selain itu, Bupati Gresik juga mengharapkan agar pelaksanaan TMMD tersebut dapat berjalan optimal sehingga mencapai tujuan yang diharapkan sesuai tema, dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama dan Lintas Komponen Bangsa, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat, “harapnya.

Sementara itu, Kabag Humas pemkab Gresik Suyono mengatakan, “bahwa, pelaksanaan TMMD tahun ini melibatkan sekitar 150 personel TNI. Nantinya para personel TNI tersebut akan dibagi tugas dan berbaur dengan masyarakat, mereka akan memulai pengerjaan sejak hari ini (20 September 2016) hingga tanggal 19 Oktober mendatang,” kata Suyono.

Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol. Arm. Hendro Setyadi berharap agar pemerintah kabupaten Gresik melalui dinas terkait, TNI dan masyarakat untuk selalu berkoordinasi guna kesuksesan TMMD kali ini. “Anggota TNI yang ditugaskan juga akan menginap di rumah warga, harapan kami dapat terjalin hubungan kekeluargaan antara anggota TNI dengan masyarakat, “katanya. (jml/lid)

Facebook Comments