Masyarakat Manyar Tidak Lama Lagi Mempunyai Air Bersih

0
309

BrataPos. Program penyediaan fasilitas air bersih, dan santasi lingkungan berbasis pengelolaan masyarakat Kecamatan Manyar Kebupaten Gresik, telah dilaksanakan sosialisasi tingkat Kabupaten oleh Saka dan Spekta serta Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) yang di tempatkan di gedung rapat Kecamatan Manyar rabu 14/09/16.

Dalam acara sosialisasi program tersebut dihadiri langsung oleh PU, Dinkes, BLH, ketua PKK Kabupaten, Puskesmas, Camat Manyar, Kepala Desa Manyarejo, Kepala Desa Sido Rukun, Kepala Desa Sido Mukti, dan tokoh masyarakat. Tujuan program ini agar fasilitas air bersih dan sanitasi lingkungan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari secara merata, serta meningkatkan kesehatan untuk menerapkan perilaku hidup sehat ditataran rumah tangga, yang dikelola oleh kelembagaan masyarakat yang kuat dan berdampak langsung terhadap peningkatan derajat kesehatan serta kualitas sumber daya manusianya (SDM).

Ardhiana Yuni Astuti sebagai manager program Saka, Spekta, dan HIPPAM mengatakan, memang kedepan kita semua harus mendorong program ini, dan segera dilaksanakan, kita melibatkan Dinas serta masyarakat karena program ini milik bersama. “Sebenarnya air bersih ini tanggung jawab pemerintah, namun Saka Spekta dan Hippam mendorong melalui program ini,”kata wanita yang berjilbab ini._dsc1446

Jadi program ini murni dari Saka dan bekerjasama dengan Spekta, dengan tujuan untuk melalui kompetensi air bersih, karena kita memiliki pengalaman di air bersih. “Ditahun kedua saya berharap pemerintah melalui Dinas terkait bisa terlibat secara langsung, karena memang kita tidak mau ada aperlep program ini di PU, dan harus bisa koordinasi disetiap instansi, “sambungnya wanita ini yang sudah membidangi selama 12 tahun.

Haris sebagai Camat Manyar saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, saya sangat setuju dengan adanya program ini, karena air bersih itu memang yang paling diutamakan bagi seluruh masyarakat, jadi saya harus mendorong agar program ini berjalan sesuai harapan kita semua. “Saya hanya bisa memberi motifasi kepada masyarakat dan Saka, agar program ini tidak ada tumpang tindih, dan saya akan segera sosialisasikan ke Desa-desa,”kata orang nomor satu di Kecamatan Manyar ini. (Jml/lid)

Facebook Comments