Mempertahankan Budaya Patrol Tradisional

0
428
pelepasan para santri saat lomba patrol oleh Kapolsek Tandes

SURABAYA. Bulan Ramadhan bulan penuh berkah, Kita sebagai umat islam diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk memanen pahala, lantunan suara dari setiap muslim dengan bacaan al-qur’an yang indah, ayat demi ayat, surat demi surat, menembus bumi dan seisinya. Tidak hanya itu untuk pondok pesantren Nurul Khidmah  yang ada di kawasan Kampung Tubanan Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya juga mengadakan perlombaan PATROL Tradisional yang di laksanakan pada hari kamis 16/06/2016.

Pelepasan perserta lomba PATROL di mulai jam 01.00 dini hari dari halaman pondok dan berkeliling mengikuti rute yang telah di tentukan oleh panitia lomba. Lomba patrol ini di selenggarakan setiap tahun oleh pondok pesantren NURUL KHIDMAH  yang bertujuhan untuk memeliharah tali silahturrohmi terhadap sesama muslim dan juga mempertahankan budaya patrol tradisional.

Menurut pengasuh pondok pesantren Nurul Khidmah, Gus Imam Mahmudi mengatakan,”Lombah patrol ini sudah lima kali di adakan setiap bulan romadhon yang bertujuhan untuk mempererat tali silaturrohmi antara kampung tubanan dan kampung lainnya, yang kedua memelihara budaya patrol tradisional yang mungkin sudah sedikit di tinggalkan oleh anak muda jaman sekarang, yang ketiga membangunkan orang saur mas,”sambil tersenyum Gus Imam mengatakan.

Dan juga patrol merupakan salah satu bentuk sarana masyarakat dalam berkomunikasi, musik patrol dapat digunakan untuk menjaga lingkungannya, dengan berkeliling sambil menabuh alat musik patrol, gangguan keamanan dapat dicegah,”sambungnya.

Sementara itu, Ketua panitia Khoyum mengatakan, saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kepolisi khususnya Polsek Tandes yang telah membantu kita dalam melaksakan lomba ini, dan juga kepada para perseta lomba patrol, karena tanpa dukungan beliau ini tidak akan berjalan dengan lancar,”katanya.

Jangan kita melihat hadianya, akan tetapi kita melihat dalam perlombaan ini sebagai motivasi dan partisipasi kita terhadap masyarakat sekitar,”sambungnya.

Dalam perlombaan kali ini saya sebagai panitia berharap lomba patrol ini jangan sampai hilang dan semoga setiap tahun semakin bertambah banyak pesertanya dan juga semakin meria,”tambanya.

Dalam lomba patrol kali ini akan dipilih 6 pemenang, yakni juara pertama sampai juara ketiga serta juara harapan satu sampai juara harapan tiga untuk anak-anak dan juga dewasa. (Bnd)

Facebook Comments