Haul Akbar Tubanan Lama Yang Ke 23

0
1657
SONY DSC
para kyai dan alim ulama saat pengajian di ponpes nurul khidmah
para kyai dan alim ulama saat pengajian di ponpes nurul khidmah

SURABAYA. Sabtu malam minggu tanggal 09 bulan april 2016 yang ada di kawasan Tubanan Lama kelurahan karangpoh Kecamatan Tandes Surabaya Jawa Timur tepatnya halaman pondok pesantren NURUL KHIDMAH yang biasanya ramai oleh anak anak pesantren yang sibuk oleh kegiatan pondok hari itu tampak lain dari hari-hari sabtu malam minggu sebelumnya. Puluhan keamanan dari Polsek Tandes Surabaya sejak pukul 03.00 Wib siang disibukkan oleh kehadiran Ratusan ribu jama’ah berbaju putih putih dari berbagai penjuru kota di Jawa untuk mengatur arus lalu lintas. Karena jalan raya Tubanan merupakan jalan tembusan dari jalan Balongsari Tama menuju jalan HR Muhammad,dan jalur tersebut di tutup total selama acara Haul Akbar di gelar.

Jalan yang di tutup dan disulap menjadi area parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Di Halaman Pondok Pesantren Nurul Khidmah inilah tidak kurang dari ratusan ribu kaum Muslimin dan Muslimat, dari anak-anak hingga orang dewasa dari berbagai penjuru kota, secara bersama sama melakukan kegiatan istighotsah,  dan tahlil akbar dalam rangka  Haul Akbar.

Suara gema Istighotsah dan Tahlil akbar mengguncang langit desa Tubanan Karangpoh Tandes Kota Surabaya sampai menembus cakrawala hingga radius dua kilometer.

Desa Tubanan yang biasanya sepi hari itu ikut larut dalam gema Istighotsah dan Tahlil. Apalagi kegiatan ini disiarkan langsung oleh MetroTV yang sudah terkenal di Kota Surabaya.

Di bawah rintikan air hujan justru membuat acara haul akbar semakin hikmat dan menambah kekhusu’an untuk menyebut asma Allah hingga ribuan kali sampai menggetarkan kalbu yang gersang oleh kondisi zaman.

Bisa di bayangkan halaman pondok yang cukup luas itu disulap oleh panitia menjadi arena berdzikir. Seluruh halaman pondok di penuhi oleh manusia dan di dalamnya membentang sebuah panggung raksasa dengan dekorasi yang cukup mewah.

Menurut salah satu panitia (Choyum) waktu di wawancari oleh media Brata pos mengatakan acara ini rutin di adakan karena acara Haul Akbar merupakan acara bertarap Internasional,yang hadir tidak hanya dari pulau jawa bahkan luar pulau jawa juga turut hadir, katanya.

Di selah kesibukannya ketua panitia (KAYAT) mengatakan kepada kami(media brata pos) haul akbar dan dhikir ini yang ke 23, jadi dengan adanya haul akbar kami(panitia) mengajak kepada semua kalangan yang ada di wilaya desa tubanan dan sekitarnya baik miskin atau kaya untuk berduyun-duyun menghadiri haul akbar yang di selenggarakan oleh pondok pesantren NURUL KHIDMAH.dengan kita bisa hadir satu agar dapat meningkatkan tali shilaturromih kepada sesama,dua kita dapat sama-sama berdhikir dan ber doa bersama, katanya.

Ketua juga menyampai permohonan maaf atas semua pelayanan ataupun hidangan yang kurang kami atas nama panitia minta maaf yang sebesarnya,tiada manusia yang sepurna karena kesempurnaan hanya milik ALLAH saw,tambanya.

Acara sudah mencapai titik akhir semua panitia dan anak-anak pondok sibuk untuk bersih-bersih dan juga merapikan halaman pondok untuk di kembalikan seperti semulah,dengan mengucap syukur pengasuh pondok pesantren nurul khidmah dan beliao juga guru besar pondok yang biasa di panggil oleh santri GUS IMAM mengatakan kepada kami (media Brata pos),untuk haul tahun ini haul yang ke 23,

Haul ini merupakan kumpulan umat islam untuk dhikir,thalil dan berdoa bersama,sesusai dengan sabdha nabi yang mengatakan apabila manusia sering kali berkumpul untuk berdhikir niscaya nantik akan di kumpulkan pula dengan golongannya, kata Gus Imam.

Dan saya punya harapan agar acara haul akbar seperti ini bisa menggugah hati nurani kita supaya dapat mengikat persaudaraan sesama umat dan semoga tAhun depan bisa lebih dan juga baik lagi, harapnya.(Bnd)

Facebook Comments