Perum Perhutani Dan KPH Banyuwangi Selatan “Panen Raya” Komoditi Tanaman Kedelai

0
922

BANYUWANGI – BRATAPOS. 23 Maret 2016 Masyarakat desa hutan (MDH) yang terwadai dalam LMDH PETANI HUTAN LESTARI memetik hasilnya yakni melakukan panen raya kedelai, tepatnya di petak 612. BKPH karetan KPH Banyuwangi Selatan dari kegiatan tumpang sari/kedaulatan pangan tersebut berapa hasil panen yang didapat oleh masyarakat dan sangat besar kontribusi perhutani untuk masyarakat dalam peningkatan produktifitas lahan kawasan hutan. Dengan sinergitas antara Perhutani, Masyarakat dan STAKEHOLDER tetap terpelihara mulai dulu hingga nantinya yang berdampak pada hutan dengan 3 aspek dalam pengelolaan/pembangunan dan aspek social yang harus berjalan dengan seimbang.

Lokasi panen raya kedelai bertempat dipinggir jalan raya menuju wisata Grajagan, wilayah BKPH Karetan masuk desa Karetan Kecamatan Purwoharjo dengan luas lahan kedelai yang panen sekitar 40 Ha. Acara Panen Raya dibuka langsung oleh ADM KPH Banyuwangi Selatan Agus Susanto bersama DANDIM 0825 Banyuwangi Letkol Infantri Robi Bulan turut hadir, para undangan kepala dinas Perhut Bun, Polres Banyuwangi, DANLANAL perwakilan, Kepala Balai TN AP. BSFF, Mahasiswa, Muspika Kecamatan Cluring, Tegaldlimo, Purwoharjo dan seluruh KPH Banyuwangi Selatan. Langsung membaur diareal Panen Raya bersama para petani LMDH, Petani Hutan Lestari BKPH Karetan, dan BKPH Curahjati untuk memeriahkan Panen Raya Komoditi Tanaman Kedelai.

Program – program yang disampaikan ADM Agus Susanto KPH Banyuwangi Selatan :

  • Berharap Banyuwangi Selatan Subur
  • Angka kelestarian 1,75%
  • Program sumbangan PHT Planet, People, Profit
  • PAT – PIP kedelai
  • Tunjangan PLTD
  • Pengembangan jagung dilahan Perhutani sesuai surat dirjen tahan pangan kementrian 22 februari 2016

Kedaulatan pangan jagung, padi, kedelai KPH Banyuwangi Selatan telah menyediakan lahan kawasan hutan untuk mendukung program kedaulatan pangan seluas 2.402.86 Ha. Yang terbesar di 7 BKPH, dengan luas komoditi padi seluas 832.75 Ha. Jagung seluas 1.223.21 HA, dan untuk komoditi kedelai seluas 346.9 Ha. Dari 7 BKPH, KPH Banyuwangi Selatan antara lain : BKPH Genteng, BKPH Pesanggaran, BKPH Sukamade, BKPH Karetan, BKPH Curahjati, BKPH Blambangan, BKPH Pedotan. Dalam rangka melaksanakan maksud dan tujuan program ADM Agus Susanto KPH Banyuwangi Selatan, bersama perusahaan dalam mengelola hutan yang berimplikasi nantinya Hutan Lestari masyarakat sejahtera serta mendukung program nasional pemerintahan Jokowi yakni kedaulatan pangan perum Perhutani secara umum dan Perhutani KPH Banyuwangi Selatan khususnya telah melakukan upaya hal tersebut, yakni pengelolaan hutan bersama masyarakat atau sering disebut dengan PHBM yang dilakukan mulai dari pembuatan persemaian, tanaman, pemeliharaan, tebangan/produksi, sadapan serta keamanan hutan maupun wisata, masyarakat dilibatkan sebagai mitra kerja, untuk pembuatan tanaman masyarakat sekitar hutan dilibatkan dengan melakukan penanaman pertanian atau yang sering disebut tanaman tumpangsari. Tanaman tumpangsari yang sudah dilakukan sejak dulu, sekarang merupakan upaya untuk mendukung program dari pemerintahan jokowi yakni program kedaulatan pangan dalam pelaksanaannya kedaulatan pangan kini KPH Banyuwangi Selatan telah menuai hasilnya, yakni masyarakat desa Hutan melakukan panen kedelai yang pertama / pada tahun pertama tanaman. Tujuan program menambah luas areal tanaman menambah frekuensi/index pertanam serta meningkatkan produktifitas dan produksi kedelai dalam rangka mencapai ketahanan pangan nasional, kegiatan tertlaksana atas kerjasama dinas pertanian dan perhutani pendampingan oleh TNI. (budi s)

Facebook Comments