RITUAL SUMUR WINDU BERBENTUK KAKI MANUSIA

0
656

SURABAYA-BRATA POS. Sedekah bumi pada mulanya merupakan salah satu kegiatan upacara tradisional yang banyak dilakukan oleh masyarakat di desa – desa sebagai perwujudan rasa syukur mereka kepada sang Pencipta atas rizki yang di berikannya. Upacara tradisional ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Oleh karena itu sedekah bumi juga dapat dijadikan tolak ukur, sejauh mana para masyarakat mengamalkan ajaran – ajaran agamanya.

Ritual sedekah bumi merupakan bagian dari budaya yang berusia ratusan tahun dan juga ritual sedekah bumi salah wujud pelestari budaya yang tidak melupakan sejarah atau asal muasal desa tersebut, seperti yang di lakukan oleh masyarakat desa Gadel kelurahan Karangpoh kecamatan Tandes kota Surabaya,minggu 08/ 11/ 15 seluruh masyarakat berbondong – bondong untuk menghadiri Ruwa deso atau Sedekah Bumi sambil membawa bucet atau tumpeng yang bertempat di sumur windu,tempat itu merupakan tempat yang di keramatkan oleh seluruh warga desa Gadel.

Karena sumur tersebut merupakan peninggalan musyafir yang berkunjung di desa gadel, pada saat itu musyafir berkunjung di desa gadel dan di beri minum oleh seseorang sehingga musyafir tersebut menghentakkan kaki kirinya yang merupakan wujud terima kasihnya dan bekas jejak kakinya menjadikan sebuah sumur yang berbentuk telapak kaki manusia dan air yang keluar menjadi sember kehidupan desa gadel dan kampung sekitarnya. Sejak saat itulah seluruh warga gadel merawat dengan baik dan di jadikan tempat Ritual sedekah bumi setiap setahun sekali. kata masyarakat setempat yang tidak mau di sebut namanya.

Sebelum itu seluruh warga gadel mengadakan arak – arakan keliling kampung dengan berjalan kaki sambil membawa berbagai bentuk ancak – ancakan, itu semua merupakan gabungan kreatifitas pemuda sebagai generasi penerus bangsa ini yang dapat mempelajari dan melaksanakan budaya agung ini dengan tidak lepas dari rel budaya lokal atau daerahnya, namun tetap mampu memadukannya dengan perkembangan zaman.

Acara tersebut juga di hadiri oleh anggota dewan DPRD yaitu Moch Mahmud S.sos.Msi. Menurut Moch Mahmud S.sos.Msi kita wajib melestarikan budaya ini karena kita merupakan generasi penerus bangsa ini, maka dari itu untuk tahun yang akan datang saya tetap akan usahakan agar supaya kegiatan sedekah bumi di wilaya desa gadel bisa gratis seperti tahun ini katanya. (Bnd)

Facebook Comments