LurahDesa Karangpoh Alergi Dengan Wartawan

0
672

SURABAYA-BRATA POS. Pegawai Pemerintah seharusnya memberikan pelayanan yang baik kepada warganya. Namun, di Kel.Karangpoh, Kec.Tandes, Kota Surabaya, seorang pegawai di duga bertingkah arogan kepada warga yang sedang mengurus surat menyurat di kelurahan tersebut.
Peristiwa yang sangat memalukan ini terjadi pada, Bulan Oktober 2015. Seorang ibu Rumah Tangga berinisial (M), 34 tahun,warga Desa Gadel RT 06 RW 06 mengaku dibentak-bentak oleh Pegawai Kel.Karangpoh,Kec.Tandes,Kota Surabaya, saat mengurus surat pengantar untuk Nikah di KUA.
M (nama inisial) juga mengatakan kepada awak media Brata Pos, saya mau mengurus surat pernyataan untuk nikah di KUA, tetapi pihak kelurahan malah mempersulit dan saya di perlakukan tidak enak, padahal saya ingin menikah resmi. Apalagi selama ini saya nikah siri.ā€¯katanya.
Sementara itu banyak warga yang kecewa dengan pelayanan pegawai Kelurahan Desa, yang kerap kali untuk foto copy blangko/formulir saja harus ketempat desa lain yang jaraknya sangat jauh dari lokasi kantor Kelurahan Karangpoh, sementara itu kepala desa sering kali tidak pernah hadir dan tidak pernah menghiraukan apabila ada undangan dari salah satu desa yang punya hajatan.
Ketikah kami (Brata pos) konfirmasi ke kantor Kelurahan Karangpoh Lurah Sujatmiko tidak ada di tempat dan kami hanya di temui oleh sekertarisnya yang bernama Suko. Dia mengatakan untuk mesin foto copy nya ada mas tapi kami tidak dapat mengoprasikan,”katanya.
Dengan jawaban seperti itu menandakan pelayanan di Kelurahan Karangpoh Kec.Tandes Kota Surabaya ini tidak efektif dan dengan berkembangnya teknologi, pegawai Kelurahan tidak bisa mengoprsikan mesin foto copy. Itu menandakan pegawai Kelurahan kurang memahami tentang teknologi. Pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat diharapkan menjadi lebih responsif terhadap kepentingan masyarakat itu sendiri, di mana paradigma pelayanan masyarakat yang telah berjalan selama ini beralih dari pelayanan yang sifatnya sentralistik ke pelayanan yang lebih memberikan fokus pada pengelolaan yang berorientasi kepuasan masyarakat.
Bila kita melihat kelurahan merupakan ujung tombak dari pemerintahan,maka pegawai kelurahan seharusnya bersikap lebih ramah terhadap masyarakat,karena masyarakat masih perlu bimbingan teknologi.
Namun dilain pihak, pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan kepada masyarakat diharapkan juga memiliki Memiliki dasar hukum yang jelas dalam penyelenggaraannya, Memiliki perencanaan dalam pengambilan keputusan, Memiliki tujuan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, Dituntut untuk akuntabel dan transparan kepada masyarakat, Memiliki standarisasi pelayanan yang baik pada masyarakat.
Pemberian pelayanan yang baik dan berkualitas oleh para aparatur kelurahan kepada masyarakat sehingga permasalahan yang kompleks dan rumit dapat diatasi. Selain itu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah selama ini masih memiliki beberapa kelemahan yaitu kurang accessible. Berbagai unit pelaksana pelayanan terletak jauh dari jangkauan masyarakat, sehingga menyulitkan bagi mereka yang memerlukan pelayanan tersebut.
Bila kita melihat kelurahan merupakan ujung tombak dari Pemerintahan, maka pegawai Kelurahan seharusnya bersikap lebih ramah terhadap masyarakat,karena masyarakat masih perlu bimbingan atau arahan. Sampai berita ini di turunkan lurah Sujatmiko tidak bisa kami temui. (Bnd)

Facebook Comments